KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kerugian Pajak Migas Mencapai Rp 1,6 Triliun


SUARA MERDEKA CyberNews – Kamis, 14 Juli 2011

Jakarta, CyberNews. Kerugian akibat perusahaan asing mengemplang pajak mencapai Rp 1,6 triliun. Menurut Wakil Ketua KPK Haryono Umar, jumlah itu masih penghitungan sementara.

”Berdasarkan catatan dari BP Migas, kerugian negara yang ditimbulkan akibat tidak dibayarnya pajak oleh perusahaan asing itu mencapai angka Rp 1,6 triliun. Tetapi bisa lebih besar lagi,” kata Haryono.

Pasalnya, BP Migas yang baru melakukan pendataan. “Belum  jika nantinya jika  Ditjen Pajak atau KPK yang melakukan pendataan,” ujar Haryono.

Sebelumnya, Haryono juga pernah mengungkapkan, potensi kerugian negara dari sektor migas terjadi  akibat tidak adanya pendataan aset milik negara yang dipakai oleh perusahaan asing oleh pemerintah . Hingga pertengahan tahun ini saja, KPK telah menyelamatkan  Rp 148,5 triliun .

Haryono  menjelaskan, pada tahun 2008, negara melalui BP Migas  telah mengeluarkan uang untuk membeli aset-aset migas seperti alat bor, tanah, rumah, helikopter, dan mobil sebesar Rp 27 miliar dollar AS atau sekitar Rp 270 triliun. Namun, pemerintah tidak pernah mencatat aset- aset yang telah dibeli itu.

“Ini sangat berbahaya tidak ada pencatatan aset, padahal yang menggunakan asset-aset itu sebagian besar adalah perusahaan asing” kata Haryono pekan lalu.

Menurutnya, jika tidak segera melakukan pendataan aset itu, sangat besar potensi pencurian aset yang dilakukan oleh perusahaan asing itu. Mereka akan menggunakan modus mengakui aset-aset itu milik mereka.

( Mahendra Bungalan / CN34 / JBSM )

14 Juli 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: