KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Akan Pertanyakan Alasan Ketidakhadiran Megawati


TEMPOinteraktif.Com – Sabtu, 19 Februari 2011

Haryono Umar. TEMPO/Tony Hartawan

TEMPO Interaktif, Jakarta – Wakil Ketua Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi, Haryono Umar mengatakan penyidik KPK akan berdialog dengan tim kuasa hukum PDI Perjuangan yang kabarnya bakal dikirim untuk mewakil Ketua Umum Megawati Soekarnoputri,  pada Senin 21 Februari mendatang. “Akan kami tanyakan apa keberatan mereka, alasan-alasannya sehingga yang bersangkutan (Megawati) tidak datang,” kata Haryono saat dihubungi Tempo, Sabtu 19 Februari 2011.

 

KPK berencana memanggil Megawati pada Senin (21/2) nanti. Megawati akan dipanggil sebagai saksi kasus dugaan suap cek pelawat dalam pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, pada 2004 lalu. Namun, Ketua Departemen Bidang Hukum PDI Perjuangan, Gayus Lumbuun mengatakan hanya tim kuasa hukum DPP PDI Perjuangan yang akan datang ke KPK.

Megawati dipanggil sebagai saksi meringankan bagi tersangka asal Fraksi PDI Perjuangan dalam kasus dugaan suap cek pelawat pada pemilihan Deputi Gubernur Senior Bank Indonesia, 2004 lalu. Pemanggilan itu, menurut Haryono, memang atas permintaan tersangka yang berasal dari PDI Perjuangan, yakni Max Moein dan Poltak Sitorus. Dan bukan dari inisiatif penyidik KPK. “Yang bersangkutan dihadirkan sebagai saksi yang meringankan. Dan kami harus fasilitasi itu,” ujar Haryono.

Bila pemanggilan saksi berdasar inisiatif penyidik, kata dia, berarti keterangannya memang sangat penting dan diperlukan dalam perkara itu. Sehingga saat saksi tidak memenuhi panggilan, penyidik akan melakukan pemanggilan lagi. “Tapi ini berbeda karena pemanggilan berdasar permintaan tersangka,” ujarnya.

Lalu apakah penyidik akan memanggil Megawati kembali bila pada Senin nanti, mantan Presiden itu benar-benar tidak datang? Haryono tak memberi jawaban tegas. “Kalau tidak datang berarti belum diperiksa. Nanti penyidik akan mempelajarinya,” ujar Haryono.

CORNILA DESYANA

19 Februari 2011 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: