KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kades Diharapkan Bisa Mengembangkan Potensi Wilayahnya


SUARA MERDEKA.com – Minggu, 23 Maret 2014

KUDUS, suaramerdeka.com – Kualitas sumber daya manusia kepala desa (kades) diharapkan bisa diatas rata-rata, artinya seorang kades tidak hanya sekedar bisa memimpin saja melainkan juga bisa mengembangkan potensi yang dimiliki desa.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kudus, Joko Triyono disela-sela kegiatan diklat kades angkatan I, II, dan III saat segmen observasi lapangan yang berlangsung di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, Minggu (23/3).

Dalam kegiatan yang diikuti oleh 123 orang kades se-Kabupaten Kudus tersebut ia juga menyampaikan bahwa tujuan diklat kades ini sendiri selain memaksimalkan potensi yang ada di masing-masing desa adalah untuk menigkatkan kapasitas kepala desa dalam menyelenggarakan pemerintahan desa.

“Disamping itu juga tidak lepas dari tujuan utama pemerintah daerah, yakni terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan desa secara optimal yang tetap mengutamakan koordinasi dan singkronisasi antar pemerintahan,” katanya.

Mengenai materi diklat yang sudah diberikan di antaranya adalah kebijakan pengaturan desa dalam perspektif RUU desa, kemudian teori perencanaan pembangunan desa, praktik penyusunan perencanaan pembangunan desa, teori sekaligus praktek pengelolaan dan pertanggungjawaban keuangan desa.

“Serta materi dari Kemendagri dengan menghadirkan narasumber dari narasumber dari Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah,” paparnya.

Ini bertujuan jika di pemerintahan desa bersih dalam arti tidak menyalahi aturan, maka hal itu juga akan mencerminkan kemajuan desa itu sendiri dan akan berdampak pada kemajuan daerah. “Utamanya dalam pertanggungjawaban penggunaan anggaran desa,” imbuhnya.

Joko menambahkan, selanjutnya materi yang tak kalah pentingnya dalam observasi lapangan yang berlangsung di Desa Sumbermulyo dan Desa Tirtonirmolo Kabupaten Bantul adalah kades dituntut juga harus bisa memperluas wawasan dan pengetahuan yang ada di lingkungan sekitar maupun luar. “Serta memiliki ketajaman serta kemampuan identifikasi, analisis, dan kemampuan menemukan pokok permasalahan  sekaligus solusi pemecahannya,” paparnya.

( Ruli Aditio / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/03/23/195668

26 Maret 2014 - Posted by | KP2KKN DALAM BERITA, KUDUS

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: