KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Firnawan dan Saryanto Dituntut Dua Tahun Penjara


SUARA MERDEKA.COM – Kamis, 14 Agustus 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Dua terdakwa Firnawan Hendrayanto sebagai Panitia Peneliti Pelaksana Proyek serta Panitia Pengadaan Barang dan Jasa Saryanto masing-masing dituntut dua tahun penjara dan denda Rp 100 juta subsidair enam bulan penjara dalam sidang di Pengadilan Tipikor Semarang, Rabu (13/8).

Jaksa penuntut umum dari Kejari Pemalang, Ari Praptono, Noor Indah dan Wahyu Muria secara bergantian membacakan tuntutan di hadapan majelis hakim Erentuah Damanik, Jhon Halasan Butarbutar dan Robert Pasaribu.

Jaksa menilai, para terdakwa terbukti melanggar dakwaan subsidair Pasal 3 Undang-undang Nomor 31 Tahun 1999 jo Undang-undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi.

Terdakwa Firnawan dan Saryanto tidak dibebani uang pengganti karena terbukti tidak menikmati. Sidang akan kembali dilanjutkan dua minggu lagi, Rabu (27/8) dengan agenda nota pembelaan terdakwa dan kuasa hukum.

Sebelumnya dalam persidangan jilid I, hakim telah menjatuhkan pidana kepada Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) yang juga mantan Kabid Bina Marga DPU Pemalang Ghozinum Najib selama tiga tahun. Sulatip Yulianto sebagai pelaksana proyek juga telah dipidana empat tahun penjara denda Rp 200 juta subsidair empat bulan kurungan. Sulatip juga diminta membayar uang pengganti Rp 55 juta.

Proyek ini sendiri terdiri dari dua paket pekerjaan yang pertama sebesar Rp 3 miliar dan Rp 3,5 miliar. Paket I merupakan peningkatan dua ruas jalan Belik-Kumpul dan Comal-Bodeh, sedangkan paket II terdiri atas lima ruas jalan yakni Widodaren-Karangasem, Sumberharjo-Banjarmulyo, Sumberharjo-Bojongbata, Lingkar Kota-Comal dan KH Ahmad Dahlan-HOS Cokroaminoto.

Berdasarkan audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng ditemukan kerugian negara sebesar Rp 1,05 miliar lebih dalam proyek yang dibiayai APBN dari pos Dana Penguatan Infrastruktur dan Prasarana Daerah TA 2010.

( Modesta Fiska / CN26 / SMNetwork )

Sumber : Suara Merdeka.com

13 Agustus 2014 - Posted by | PEMALANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: