KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Lho, Ketua DPRD Jateng Berstatus Terdakwa Korupsi?


METRO JATENG.COM – Minggu, 28 September 2014

SEMARANG – Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah menyebut Rukma Setyabudi tidak pantas menjabat Ketua DPRD Jateng 2014-2019. Sebab, Politikus PDIP itu masih berstatus terdakwa.

Sekretaris KP2KKN Eko Haryanto mengatakan, dalam catatannya, Rukma masih berstatus sebagai terdakwa kasus korupsi pengadaan buku perpustakan Kabupaten Purworejo tahun 2004. Saat ini, kasus yang didapat ketika Rukma masih duduk di DPRD Purworejo itu dalam proses kasasi di Mahkamah Agung.

Eko menyatakan, di tingkat pertama Pengadilan Negeri Purworejo, Rukma divonis bersalah dengan hukuman penjara 17 bulan. Melalui putusan bernomor 20/PID.B/2009/PN.Pwr itu Majelis hakim Pengadilan Negeri Purworejo menyatakan terdakwa secara sah dan meyakinkan terbukti bersalah dalam kasus korupsi buku yang merugikan keuangan negara atau daerah hingga Rp 4,63 miliar.

Tak terima dengan putusan itu, Rukma mengajukan banding. Hasilnya, pada 20 November 2009 Pengadilan Tinggi Jawa Tengah mengeluarkan putusan bebas. Atas putusan bebas itu, Kejaksaan Negeri Purworejo mengajukan kasasi.

Menurut Eko, hingga kini putusan kasasi kasus ini belum keluar. Sehingga Rukma masih berstatus sebagai terdakwa karena proses putusan belum ada yang berkekuatan hukum tetap.

“KP2KKN sangat kecewa karena lembaga negara yang sangat terhormat tapi dipimpin figure yang pernah terlibat dalam dugaan kasus korupsi,” kata Eko.

Rukma ditetapkan sebagai Ketua DPRD Jawa Tengah pada pekan ini. Sebelum dilantik menjadi Ketua DPRD Jawa Tengah, Rukma menjabat Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPRD Jawa Tengah periode 2009-2014. Ia menggantikan Ketua DPRD Murdoko yang ditahan gara-gara kasus korupsi. Murdoko yang saat itu menjadi Ketua PDI Perjuangan Jawa Tengah harus dinonaktifkan karena diadili.(MJ-03)

Sumber : http://metrojateng.com/2014/09/28/lho-ketua-dprd-jateng-berstatus-terdakwa-korupsi/

3 Oktober 2014 - Posted by | KP2KKN DALAM BERITA, SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: