KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Hendra Saputra Korban Rekayasa Anak Menteri


SUARA MERDEKA – Kamis, 28 Agustus 2014

  • Kasus Korupsi Videotron

JAKARTA – Majelis hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menganggap Hendra Saputra, office boy yang dicatut namanya sebagai direktur utama PT Imaji Media, merupakan korban rekayasa oleh Riefan Avrian, anak Menteri Koperasi dan UKM Syarif Hasan. ”Terdakwa Hendra Saputra sebenarnya adalah alat yang digunakan saksi Riefan Avrian dalam memenuhi niatnya untuk mengikuti dan memenangi pekerjaan videotron di gedung Kementerian Koperasi dan UKM tahun 2012, sehingga terdakwa adalah korban rekayasa yang diskenario oleh saksi,” ujar Ketua Majelis Hakim, Nani Indrawati, saat membacakan pertimbangan putusan, Rabu (27/8).

Pertimbangan ini menjadi alasan majelis hakim untuk tidak menjatuhkan hukuman minimal empat tahun penjara terhadap Hendra yang terbukti melanggar Pasal 2 ayat 1 UU Nomor 31/1999 sebagaimana diubah menjadi UU 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Kerugian negara dalam kasus ini Rp 4,78 miliar.

Pendapat Berbeda

Meski menganggap Hendra adalah korban, majelis hakim tetap menganggap terdakwa bersalah dan menjatuhkan vonis satu tahun penjara plus denda Rp 50 juta subsider satu bulan kurungan. Hal yang memberatkan Hendra, dia ceroboh karena bersedia melakukan pekerjaan yang bukan tugasnya hanya dengan alasan takut kehilangan pekerjaan.

Vonis itu diputuskan tidak dengan suara bulat. Hakim anggota Sofialdi mengajukan pendapat berbeda (dissenting opinion). Dia menganggap Hendra tidak terbukti melakukan korupsi. Sebab, Hendra hanya diperalat bosnya, Riefan Avrian,  dalam pengurusan proyek senilai Rp 23,5 miliar itu.

Adapun Hakim Nani Indrawati dan Ibnu Basuki Widodo menyatakan Hendra bersalah. Hendra menyatakan menerima putusan itu. “Alhamdulillah, mudah-mudahan ini putusan hakim yang terbaik,” ujar Hendra yang terlihat gembira usai sidang.

Dia lantas mengangkat kedua tangannya ke atas sebagai luapan ekspresi senang, lalu memeluk istrinya, Dewi Nur Afifah.

Bos Hendra, Riefan Avrian, telah ditetapkan sebagai tersangka, namun belum disidang. (D3,dtc-59)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/08/28/271704/Hendra-Saputra-Korban-Rekayasa-Anak-Menteri-

28 Agustus 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: