KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Mantan Direktur RSUD Sleman Diadili


SUARA MERDEKA.COM – Rabu, 27 Agustus 2014

SLEMAN, suaramerdeka.com – Kasus dugaan korupsi pengadaan obat dan alat kesehatan di RSUD Sleman masuk ke ranah pengadilan. Dua terdakwa masing-masing Direktur RSUD Sleman Sarjoko (60), dan Kepala Instalasi dan Farmasi, Sri Wahyuni (47) menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor Yogyakarta, Rabu (27/8).

Dalam dakwaannya, jaksa Sugeng Riyadi mengungkapkan tindakan korupsi itu dilakukan dalam kurun tahun 2008-2010. Total kerugian negara akibat perbuatan terdakwa ditaksir sekitar Rp 1,1 miliar.

Rinciannya, temuan pada tahun 2008 sebesar Rp 424 juta, tahun 2009 Rp 430 juta, dan tahun 2010 Rp 315 juta. Adapun total anggaran untuk pengadaan obat dan alkes selama kurun tiga tahun itu mencapai Rp 34,7 miliar.

“Modusnya dengan pemberian diskon di bawah tangan. Uang itu antara lain digunakan untuk tambahan intensif dokter, THR, dan kegiatan yang tidak masuk dalam daftar anggaran APBD,” terang Sugeng.

Akibat perbuatannya, para terdakwa dikenai pasal 3 jo pasal 18 UU Nomer 31/1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Mereka juga dijerat alternatif pasal 8 jo pasal 18 UU Tipikor jo pasl 55 ayat 1 ke 1 jo pasal 64 ayat 1 KUHP.

Pada perkara ini, Sarjoko berperan sebagai penanggung jawab kegiatan sedangkan Wahyuni menjadi pelaksana teknis. Di akhir persidangan, tim kuasa hukum terdakwa menyatakan tidak akan membuat eksepsi. 

Karena itu ketua majelis hakim Ikhwan Hendrato memutuskan, sidang lanjutan pada Selasa (2/9) pekan depan diagendakan pemeriksaan saksi. Rencana, jaksa akan menghadirkan 67 saksi.

Ditemui wartawan usai sidang, kuasa hukum terdakwa, Hedy Christiyono Nugroho mengatakan, pihaknya tidak mengajukan eksepsi karena dakwaan dinilai belum konkrit. “Lebih baik langsung pemeriksaan saksi saja,” katanya.

( Amelia Hapsari / CN33 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/08/27/214619/Mantan-Direktur-RSUD-Sleman-Diadili

27 Agustus 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: