KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Lewat Seni, KPK Ajak Masyarakat Perangi Korupsi


 BERITA KPK – Rabu, 27 Agustus 2014

Abraham Samad menghadiri acara ACCFest 2014 (Foto : Humas KPK)

Abraham Samad menghadiri acara ACCFest 2014 (Foto : Humas KPK)

Setelah sukses menyelenggarakan Festival Film Antikorupsi (Anti Corruption Film Festival – ACFFest) yang pertama pada 2013, kini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), kembali menggelar ACFFest kedua yang diluncurkan pada Rabu (27/8), di Gelanggang Remaja (GOR) Bulungan, Jakarta Selatan.

Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, strategi pemberantasan korupsi yang dilakukan, kini tidak hanya melalui penindakan, melainkan juga melalui upaya pencegahan yang masif dan kreatif. “KPK berharap bisa mengubah pola pikir bahwa pemberantasan korupsi tidak hanya menangkap koruptor, tetapi juga penanaman nilai melalui film,” katanya.

Melalui ACCFest, kata Abraham, KPK mengajak masyarakat berpartisipasi mengirimkan karya untuk dikompetisikan. Film yang dapat diikutsertakan dalam festival ini diproduksi pada rentang 1 Januari 2013 hingga 31 Oktober 2014 yang bertemakan kejujuran, kepedulian, keadilan, kemandirian, tanggung jawab, kerja keras, kesederhanaan, keberanian dan memiliki muatan pesan antikorupsi yang kuat. Ada empat kategori yang dikompetisikan, yakni film fiksi pendek, film dokumenter pendek, film animasi pendek dan video jurnalisme warga (citizen journalism).

Abraham berpesan, masyarakat yang ikut berkompetisi, agar menggunakan ide-ide sederhana yang dekat dengan keseharian dalam berkarya. “Jadi, tidak selalu harus terpaku pada ide-ide besar,” katanya.

Film yang diikutsertakan dalam kompetisi, nantinya akan diseleksi oleh tim juri independen yang terdiri atas Alex Komang (Badan Perfilman Indonesia–BPI), Arturo GP (Akademisi), Vivian Idris (Film Maker), Wahyu Aditya (Animator), Toto Indarto (Akademisi/Jurnalis).

Pendaftaran telah dibuka sejak Mei lalu dan akan ditutup pada 31 Oktober 2014. Pengumuman pemenang, akan dilakukan bertepatan pada peringatan Hari Anti Korupsi Internasional pada bulan Desember 2014 di Yogyakarta.

Selain kompetisi film, ACFFest 2014 akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan movie day, antara lain talkshow bertema isu korupsi, workshop citizen journalism dengan pembuat film dan wartawan, serta pemutaran film-film nominasi ACFFest 2013. Movie day akan digelar di 10 kota, antara lain Jakarta (27/8), Bandung (30/8), Yogyakarta (3/9), Purbalingga (6/9), Malang (10/9), Bali (13/9), Mataram (16/9), Makassar (20/9), Manado (24/9), dan Palembang (27/9).

(Humas)

Sumber : http://kpk.go.id/id/berita/berita-kpk-kegiatan/2108-lewat-seni-kpk-ajak-masyarakat-perangi-korupsi

27 Agustus 2014 - Posted by | BERITA KPK

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: