KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Hakim Didesak Tahan Eks Bupati Karanganyar


AKTUAL.CO – Rabu, 27 Agustus 2014
 
Hakim Didesak Tahan Eks Bupati Karanganyar : aktual.co
Rina Iriani (Kiri) (Foto: Aktual.co/Muhammad Dasuki)

 

Komite Penyelidik Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah mengendus dugaan praktik transaksional persidangan kausus penyelewengan dana subsidi perumahan rakyat Griya Lawu Asri (GLA) senilai Rp11,8 miliar yang melibatkan mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani S.R.

Semarang, Aktual.co — Komite Penyelidik Pemberantasan Korupsi Kolusi dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah mengendus dugaan praktik transaksional persidangan kausus penyelewengan dana subsidi perumahan rakyat Griya Lawu Asri (GLA) senilai Rp11,8 miliar yang melibatkan mantan Bupati Karanganyar Rina Iriani S.R.

Menurut Sekertaris KP2KKN Jateng, Eko Haryanto, bahwa tidak ditahannya terdakwa dalam perkara pidana dapat mempengaruhi proses persidangan. Pasalnya, terdakwa begitu leluasa mempengaruhi saksi dan menghilangkan alat-alat bukti.

“Sangat mungkin terjadi transaksional hukum dalam proses persidangan, bila terdakwa tidak ditahan. Maka, hakim harus menahan terdakwa, tanpa terkecuali,” ujar dia kepada Aktual.co di Semarang, Selasa (26/8).

Ia menegaskan selama persidangan dalam perkara Tipikor harus ada penahanan, karena akan menguntungkan terdakwa yang leluasa mengintervensi dan menghambat proses persidangan.

Pihaknya mendesak hakim harus menahan terdakwa karena yang bersangkutan berada di tahanan sementara proses persidangan. Ditambah lagi mempengaruhi saat agenda sidang dengan mendengarkan keterangan saksi.

“Hakim harus memerintahkan menahan terdakwa, supaya tidak leluasa meneror para saksi dan dijaga ketat oleh pihak yang berwajib,” ujar dia.

Diketahui, hingga Selasa (26/8), kasus tersebut masih ditangani Pengadilan Tipikor Semarang dengan agenda sidang bantahan eksepsi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Dalam sidang terungkap, terdakwa sempat menolak surat panggilan sidang yang diberikan Pengadilan Tipikor Semarang.

Selanjutnya, hakim menunda persidangan pada pekan depan agenda mendengarkan keterangan saksi.

Sukardjito –
 

27 Agustus 2014 - Posted by | KARANGANYAR, KP2KKN DALAM BERITA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: