KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

LSM Kritik Keikutsertaan Bupati dalam TPHD


SUARA MERDEKA – Selasa, 26 Agustus 2014

  • Ambil Porsi, Biayai Sendiri

DEMAK – Sejumlah LSM mengkritik keikutsertaan Bupati Demak Moh Dachirin Said dalam Tim Pembimbing Haji Daerah (TPHD). Mereka menya­yang­kan sikap bupati yang terkesan memanfaatkan jabatannya untuk ikut beribadah haji secara gratis.

Aktivis Lembaga Penyuluhan Pem­berdayaan dan Pengembangan Ma­sya­rakat Mandiri (LP3MM) Demak, Ah­mad Munir Yusak mengatakan, seha­rusnya bupati tidak ikut serta dalam TPHD. Menurutnya keikutsertaannya itu, akan menimbulkan pertanyaan di masyarakat.

”Pasti masyarakat bertanya-tanya, apa bupati itu tidak punya bawahan, atau mungkin bupati sudah tidak percaya lagi dengan bawahannya,” katanya, Senin (25/8).

Sementara M Rifa’i, Ketua Forum Komunikasi Rakyat dan Mahasiswa Demak (FKRMD) menilai Bupati Demak sudah menyalahgunakan jabatannya untuk kepentingan pribadi.

”Bupati kan sudah haji, masak harus ikut haji lagi mengajak istrinya lagi. Semestinya buat mereka yang belum menunaikan haji sama sekali,” ujarnya.

Menurut Rifai, keikut sertaan dalam TPHD terkesan agar dia dapat haji gratis.

Tanggung Jawab

Suara yang sama juga keluar dari Mu­hammad Taufiq, aktivis PB Ikatan Ma­ha­siswa Demak (IMADE). Me­nurut­nya, bupati mempunyai tanggung jawab yang lebih besar di atas panitia penyelenggara dan pengawasan ibadah haji.

”Bupati itu manajer, bukan sebagai pelaksana. Kalau bupati ikut TPHD, tanggung jawabnya di kabupaten dapat terbengkalai. Urusan bupati itu di atas pa­nitia penyelenggara bukan penga­was­an di lapangan langsung,” terangnya.

Seperti diketahui, bupati Demak beserta Istrinya masuk menjadi TPHD. Selain itu ada juga Kabag Kesra Setda Demak, Johar Arifin, Anggota DPRD Gihon Sumpeno, seorang dari tim kesehatan, Suriah NU, Moh Alawi, dan Abdul Syukur dari Kalikondang .

”Kan eman-eman sekali ada jatah tujuh orang masih tersisa. Jadi sisa tersebut saya isi untuk memenuhi kuota tersebut,” kata Bupati Demak, Moh Dachirin Said saat dikonfirmasi di Pendapa Kabupaten Demak.

Dia mengaku merogoh koceknya sendiri. APBD yang dikucurkan untuk dirinya pun dikembalikan. ”Saya cuma ambil porsinya saja. Dananya saya kembalikan,” akunya. (zul-72)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/08/26/271400/LSM-Kritik-Keikutsertaan-Bupati-dalam-TPHD-

26 Agustus 2014 - Posted by | DEMAK

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: