KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Rangkul Pegiat Media Sosial Lawan Korupsi


BERITA KPK – Senin, 25 Agustus 2014
 

Makan-makan saat temu dengan penggiat Media Sosial

Makan-makan saat temu dengan penggiat Media Sosial

Sutradara film Cinta Brontosaurus, Fajar Nugroho, belum pernah berurusan dengan pihak berwajib. Ia pun merasa, tingkah lakunya tidak sekali pun melanggar hukum. Maka ketika ia mendapatkan telepon dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), ia kaget bukan kepalang.
Kekagetan Fajar bukan tanpa alasan. Ia yang kerap mengikuti pemberitaan, tentu tahu sepak terjang KPK. Dalam bayangannya, yang berurusan dengan komisi antirasuah ini, terkait langsung dengan perkara korupsi. “Siapa yang nggak ngeri. Saya nggak kenal Batoegana kok,” katanya setiba di Gedung KPK, Jakarta, Jumat sore (22/8).

Tak hanya Fajar, wartawan olahraga Pangeran Siahaan dan blogger Venus juga merasakan hal yang sama. “Tadinya saya nggak mau datang,” kata Venus. Namun, setelah dijelaskan bahwa mereka diundang untuk hadir dalam acara halal bihalal KPK bersama para pegiat sosial, ketiganya kompak hadir.

Tak hanya Fajar, Venus dan Pangeran. Ada pula 57 pegiat media sosial lainnya yang berasal dari berbagai kalangan, seperti wartawan, penulis, blogger, seniman, aktivis organisasi dan praktisi komunikasi. Dalam kesempatan itu, terlihat pula musisi Addie MS dan Triawan Munaf.

KPK menilai, ke-60 pegiat media sosial ini, merupakan orang-orang yang memiliki pengaruh di media sosial dan memiliki pengikut yang besar. Mereka kerap mengangkat tema sosial, politik, sumber daya alam dan topik lainnya yang memancing kepedulian.

Misalnya Venus yang kini rajin berkicau tentang sumber daya alam. ”Kalo alasannya membangun smelter bikin ribuan karyawan di-PHK, yaela. itu mah akal2an aja. mereka punya duit kok. boong kalo ga ada duitnya,” cuit Venus yang memiliki 16 ribu lebih pengikut, melalui akun @venustweets pada 18 Agustus lalu.

Pegiat sosial lainnya, Triawan Munaf, lebih banyak bicara soal hukum dan isu-isu spontan. Misalnya, pada 4 Agustus lalu, melalu akun @triawan yang memiliki pengikut lebih dari 60 ribu ini berkicau tentang sengketa pilpres. “Hakim yg baik bukanlah hakim yg netral, tapi hakim yang berpihak, berpihak kepada kebenaran. #RakyatPercayaMK.”

Atau Addie MS yang sejak lama mengangkat tema korupsi secara langsung. Dalam sebuah kesempatan sebelumnya, ia lebih suka menggunakan istilah maling ketimbang koruptor. “Partisipasi tanpa pamrih dr para orang muda itu untuk bangsanya, menumbuhkan harapan Indonesia bisa MERDEKA dari cengkraman maling negara,” cuit Addie melalui akun @addiems pada 19 Agustus.

Melihat animo pegiat media sosial terhadap isu terkini, KPK berharap mereka mampu menggunakan kekuatan media sosial sebagai energi baru melawan korupsi. Sebab, KPK yakin, publik merupakan mitra strategis, sebagaimana yang diungkapkan Ketua KPK Abraham Samad dalam kesempatan itu. “Pemberantasan korupsi itu butuh teman, butuh konsolidasi. Kita tidak bisa berharap KPK sebagai satu-satunya lembaga itu bisa eksis seorang diri,” katanya.

Selain itu, KPK juga berterima kasih atas dukungan masyarakat kepada KPK selama ini, termasuk melalui media sosial. “Jika masyarakat tidak tidak percaya kepada KPK, mungkin keberadaan KPK lima tahun yang lalu sudah tumbang,” katanya.

Karena itu, pertemuan ini juga dimanfaatkan KPK untuk menerima masukan dan kritik agar bisa memperbaiki kelemahan KPK. “Karena sebuah lembaga yang bisa berdiri terus-menerus hanya bisa tegar kalau diberikan masukan yang luar biasa. Kalau kita di puji terus saya khawatir kita akan berada di tepi jurang,” katanya.

(Humas)

Sumber : http://kpk.go.id/id/berita/berita-kpk-kegiatan/2102-kpk-rangkul-pegiat-media-sosial-lawan-korupsi

26 Agustus 2014 - Posted by | BERITA KPK

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: