KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Anggota Pungli, Siap Tanggung Jawab


SUARA MERDEKA – Rabu, 27 Agustus 2014

SEMARANG – Kinerja Satuan Lalu Lintas Polres­ta­bes Semarang menjadi so­rotan menyusul tertang­kap­nya sejumlah anggota oleh aparat Bidang Profesi dan Pengamanan (Propam) Pol­da Jateng. Mereka tertang­kap tangan saat melaku­kan pungutan liar di pos polisi tempat mereka bertugas.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Windro Akbar mengatakan, terkait tindakan itu pihaknya akan menindak tegas anggota yang terlibat. Adapun mereka akan diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

“Mereka yang terlibat atau diketahui melakukan pungli juga akan kami black list untuk tidak berdinas dibagian lalu lintas,” ungkapnya, Selasa (26/8).

Sikap tegas itu tidak hanya untuk anggota yang melakukan pungli kepada kendaraan, namun juga seluruh bentuk pungli yang dekat dekat kinerja Satlantas. “Termasuk pungli SIM, pengurusan STNK dan pungli lainnya,” ujarnya.

Untuk itu, pihaknya juga meminta kepada masyarakat yang mengetahui tindakan melanggar aturan yang dilakukan anggotanya, dipersilahkan untuk melaporkan langsung. Hal itu dilakukan demi kenyaman bersama dan menekan adanya pungutan liar.

“Saya bertanggung jawab penuh terhadap anggota lalu lintas yg melakukan penyimpangan suap,” katanya.

Untuk menekan dan tidak terulang lagi tindakan tersebut, pihaknya melakukan berbagai upaya termasuk dengan memasangan spanduk stop pungli di seluruh pos lantas dan Kantor Satpas Polrestabes Semarang. Pihaknya juga melarang anggotanya untuk melakukan penilangan di dalam pos lantas.

“Kami tidak memberikan ruang dan celah sekecil apa pun yang bisa mengarah ke pungli,” ungkapnya.

Pos Transparan

Selain itu, pihaknya juga melarang untuk memasang kaca hitam di pos lantas. Tidak ada anggota yang bertugas di salah satu pos lalu lintas bermain di pos lalu lintas lainnya. Anggota juga diminta memberikan penerangan dan penyuluhan kepada masyarakat agar tidak memberikan ruang melakukan pungli. Pihaknya akan mengamankan dan periksa masyarakat yang mencoba melakukan suap kepada anggota polantas.

Dengan tindakan tegas dan upaya tersebut, pihaknya berharap tindakan tersebut tidak lagi terulang dan anggota bekerja sesuai prosedur. Pungutan liar tersebut terbongkar setelah aparat Propam Polda Jateng menangkap tangan dua anggota Satlantas Polrestabes Semarang Aiptu S dan Brigadir E saat melakukan pungutan liar di pos polisi lalu lintas Kalibanteng, Jumat (15/8) sore.

Lalu, pada Selasa (19/8) sekitar pukul 14.00, Propam kembali menangkap tangan seorang anggota Unit Lantas Polsek Gajahmungkur, Semarang, Aiptu TM.  TM ditangkap saat menerima uang dari seorang pengemudi mobil di pos polisi pertigaan Pasar Kambing, Jalan MT Haryono. (K44,H74-39)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/08/27/271516/Anggota-Pungli-Siap-Tanggung-Jawab

26 Agustus 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: