KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

2015, Anggaran Infrastruktur Jateng Rp 2,7 Triliun


SUARA MERDEKA – Senin, 25 Agustus 2014

SEMARANG – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengusulkan anggaran infrastruktur di 2015 Rp 2,7 triliun. Nilai tersebut jauh lebih besar dibandingkan dari nilai anggaran pembangunan infrastuktur di provinsi ini pada 2014 yang hanya Rp 1,2 triliun. ”Meningkatnya anggaran infrastruktur pada 2015 didorong potensi pendapatan daerah (PAD) Pemprov Jateng yang mengalami peningkatan. Potensi kenaikan itu difokuskan untuk Bina Marga,” kata Anggota Komisi D DPRD Jateng, Hadi Santoso, kemarin.

Pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD P) 2014, Pemprov Jawa Tengah menambah anggaran untuk infrastruktur sebesar Rp 1,2 triliun. Anggaran sebesar itu dialokasikan untuk Dinas Bina Marga, Dinas PSDA, serta Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang (Ciptakaru). Sementara tambahan anggaran belanja daerah pada APBD Perubahan 2014 sebesar Rp 1,8 triliun, sehingga total menjadi Rp 15,8 triliun. ”Dinas Bina Marga mengusulkan pos anggaran paling banyak, sebesar Rp 2,2 triliun. Sisanya untuk Dinas Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) sebanyak Rp 320 miliar, dan Dinas Ciptakaru,” ujarnya.

Menurut Hadi, anggaran untuk Dinas Bina Marga naik tajam dibandingkan dari tahun sebelumnya. Pada 2014 anggaran untuk Dinas Bina Marga hanya sekitar Rp 982,5 miliar. ”Kalau di 2014 dengan anggaran Rp 982,5 miliar saja dijadikan sebagai tahun infrastruktur, maka 2015 disebut sebagai tahun infrastruktur-infrastruktur, karena anggaran lebih besar,” ujarnya.

Untuk Perbatasan

Anggaran infrastruktur untuk Dinas Bina Marga rencananya digunakan untuk perbaikan jalan, yang lebih banyak digunakan untuk perbatasan di wilayah barat dan timur. Alokasi tersebar di lima balai yang ada. Selain itu, juga untuk penyelesaian kelanjutan proyek pembangunan jaringan jalan lintas selatan (JJLS) Jawa Tengah sebesar Rp 90 miliar untuk pembebasan lahan di Purworejo dan Cilacap, dan pembangunan drainase sebidang jalan dan perbaikan gorong-gorong sekitar Rp 120 miliar.

Pada 2015 nanti Pemprov Jateng juga akan memperbaiki jalan-jalan alternatif yang mengiringi jalur Pantura. Jalur alternatif di Kabupaten Kendal, Batang, Pemalang, Pekalongan, dan Tegal akan mendapatkan perhatian lebih. ”Jalur-jalur tersebut akan ada peningkatan dan pelebaran jalan,” imbuhnya. 

Karena tahun depan akan banyak pembangunan jalan, lanjutnya, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi kemacetan di mana-mana.
”Karena itu sejak awal kami minta desain manajemen transportasinya seperti apa,” imbuhnya.

Dengan besarnya anggaran infrastruktur, diharapkan permasalahan pengendalian muatan juga ikut diperhatikan dan optimalisasi jembatan timbang yang sampai saat ini baru tujuh yang beroperasi. (J8,H68-80)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/08/25/271345/2015-Anggaran-Infrastruktur-Jateng-Rp-27-Triliun

26 Agustus 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: