KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kejaksaan Tetapkan Satu Tersangka Lagi


SUARA MERDEKA – Jum’at, 22 Agustus 2014

SEMARANG -Cabang Kejaksaan Negeri Semarang kembali menetapkan satu tersangka lagi dalam proyek peningkatan ruas Jl Kokrosono tahun 2013 senilai Rp 2,96 miliar.

Setelah sebelumnya Direktur CV Bintang Sembilan berinisial J, kini giliran pejabat Dinas Bina Marga Kota Semarang dengan inisial SR (40). SR ditetapkan tersangka, Senin (18/8) itu bertindak selaku pejabat pembuat komitmen (PPK) proyek yang merugikan negara Rp 145 juta.

Kepala Cabjari Semarang Budhi Purwanto menegaskan, penetapan tersangka itu merupakan perkembangan hasil penyidikan dari J. “Menurut kami ada pertanggungjawaban dari SR. Setelah alat bukti dirasa cukup, SR kami tetapkan menjadi tersangka,” tandasnya saat ditemui di kantornya, Jl Usman Janatin, Kamis (21/8).

Alat bukti itu berupa dokumen seperti transaksi dan surat hasil audit tim ahli teknis Cabjari dari akademisi. Sebagaimana diberitakan, kasus korupsi proyek peningkatan Jl Kokrosono diselidiki sejak Maret lalu. Kejaksaan menemukan kejanggalan dalam pekerjaan proyek. Selain kekurangan volume pekerjaan, Cabjari menilai terdapat pula kemahalan harga terhadap jenis-jenis pekerjaan tertentu.

Lihat Situasi

Nilai kontrak sebesar Rp 2,96 miliar itu dialokasikan untuk pekerjaan seperti pengaspalan dan pelebaran jalan serta perbaikan drainase dan trotoar di Jl Kokrosono, tepatnya sepanjang 800 meter dari Jl Siliwangi. Meski SR dan J sudah ditetapkan tersangka, namun keduanya tak ditahan. Budhi menyebutkan, penahanan itu melihat situasi yang berkembang.

“Keduanya selama ini kooperatif saat diperiksa. Ada itikad baik juga mengembalikan uang kerugian negara,” tandasnya. Dari total kerugian Rp 145 juta, dana yang sudah dikembalikan J berjumlah Rp 129 juta. Total ada 13 orang saksi dan seorang saksi ahli yang telah diperiksa dalam proyek ini. Mereka di antaranya pelaksana proyek dari Dinas Bina Marga Kota Semarang serta pengawas lapangan.

Budhi menjelaskan, pemberkasan untuk tersangka J diperkirakan bakal selesai pada Agustus ini. “Perusahaan penyedia jasa (CV Bintang Sembilan- ) kini juga sudah diblacklist selama dua tahun, tepatnya sejak Januari lalu. Ini terjadi setelah adanya temuan kasus dugaan korupsi,” tandasnya. (J17,J14-39)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/22/271007

21 Agustus 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: