KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

RT/RW Akan Peroleh Insentif


SUARA MERDEKA – Rabu, 20 Agustus 2014

GROBOGAN – Pemerintahan desa yang paling bawah, RTdan RW, akan memperoleh dana insentif jika Undang-Undang Desa Nomor 6 Tahun 2014 diberlakukan. RT dan RWdiharapkan bisa menjadi kepanjangan tangan kepala desa dalam pelaksanaan pemerintahan.

Keputusan tersebut tertuang dalam PPNomor 60 Tahun 2014 tentang dana desa yang bersumber dari APBN dan PP Nomor 43 Tahun 2014 tentang petunjuk pelaksanaan Undang-Undang Desa yang telah disahkan akhir 2013. Kabag Pemerintahan Desa Setda Grobogan, Anang Armunanto menjelaskan, dana yang diterima mencapai ratusan juta.

Minimal 70 persen digunakan untuk pembangunan dan pemberdayaan desa. Maksimal, kata dia, 30 persen untuk empat pos. ’’Yakni untuk penghasilan tetap dan tambahan kades serta perangkat desa. Operasional penyelenggaraan pemerintahan desa, operasional BPD (Badan Permusyawaratan Desa) dan insentif RT/RW,’’ kata Anang.

Namun saat ditanyakan apakah insentif tersebut diberikan sebagai dana pemberdayaan masyarakat di tingkat RT/RW atau ’’gaji’’ bagi ketua atau pengurus RT/RW, dia belum bisa menjelaskan. Ia mengaku masih menunggu juklak maupun juknis yang lebih detil mengatur. ’’Bisa jadi nanti akan terbit permen dari kemendagri atau keuangan yang akan detil mengatur bagaimana pelaksanaannya,’’lanjutnya.

Di sisi lain dia berharap setiap kepala desa semakin berhati-hati dalam penggunaan anggaran. Harus tertib administrasi dan tertib waktu. Mengingat mereka memiliki kewenangan yang besar dan anggaran yang dimiliki juga besar. ’’Sumber daya manusia di desa harus ditingkatkan. Jangan sampai muncul permasalahan baru,’’ harapnya. (H81-64)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/20/270751

20 Agustus 2014 - Posted by | GROBOGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: