KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Pengusaha Rokok Ilegal Dijerat Pencucian Uang


SUARA MERDEKA – Selasa, 12 Agustus 2014

KUDUS – Selain penyitaan barang bukti dan penepan sanksi administratif, pelaku usaha rokok ilegal juga dapat dibangkrutkan. Hal tersebut, dapat dilakukan dengan menjerat mereka dengan menggunakan Undang- Undang Tindak Pidana Pencucian Uang (TPPU).

Melalui upaya seperti itu, diharapkan produsen rokok ilegal yang membandel akan benar-benar jera. Kepala Subseksi Layanan Informasi KPPBC, Deyna Kurniawan, mengemukakan, aparat KPPBC tidak hanya menjerat pelaku rokok ilegal dengan undang-undang percukaian. Petugas rupanya juga mulai mencoba mengkaitkan kasus tersebut dengan TPPU. ‘’Hal itu diatur dalam UU Nomor 8 Tahun 2010,’’katanya.

Tindak

Dia menambahkan, tidak menutup kemungkinan tindakan keras tersebut akan dilakukan. Kalau ada pihak yang membandel memproduksi rokok tanpa cukai. Langkah tersebut dimaksudkan sebagai terapi agar pengusaha rokok tidak melakukan pelanggaran lagi. ‘’Upaya tersebut (TPPU-red) merupakan langkah terakhir,’’jelasnya.

Bila hal tersebut diterapkan pada proses hukum, kata dia, diyakini akan berdampak besar. Pelaku lain akan berpikir ulang bila akan melakukan pelanggaran dengan memproduksi rokok ilegal. Kebijakan itu sebagai sinyal kalau pihaknya tidak setengah-setengah dalam menangani pelanggaran rokok ilegal. ‘’Semua upaya prosedural akan dilakukan untuk mengantisipasi peredaran rokok ilegal,’’jelasnya.

Hingga kemarin, aparat KPPBC masih terus menggencarkan penindakan rokok ilegal. Hal itu tidak hanya dilakukan dengan mendatangi pabrik-pabrik dan menyita peralatan produksi berikut barang bukti lainnya, tetapi juga mendeteksi area pemasaran. ‘’Hulu dan hilir dipantau untuk memperketat pengawasan,’’ungkapnya. (H8-45,48)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/12/269930

20 Agustus 2014 - Posted by | KUDUS

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: