KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Masyarakat Tolak Nikah di KUA


SUARA MERDEKA – Senin, 11 Agustus 2014

KUDUS -Meskipun penerapan PP 48 tahun 2014 tentang Biaya Nikah yang dimulai 10 Juli lalu telah menggratiskan biaya nikah di kantor urusan agama (KUA), namun mayoritas masyarakat Kudus menolak menikah di KUA.

‘’Sampai saat ini belum ada pasangan yang mau menikah di KAU meskipun biayanya Rp 0. Mereka memilih nikah di rumah, gedung, atau masjid, dengan biaya RP 600 ribu,’’ kata Kepala Kemenag Kudus, Hambali. Di Kabupaten Kudus, lanjutnya, penerapan PP 48/2014 mundur, karena surat dari Kemenag Pusat terlambat. Pelaksanaan peraturan tersebut, baru dilakukan sekitar tanggal 13 Juli, atau mundur tiga hari dari pelaksanaan semestinya, yakni 10 Juli. Sebelum penetapan tersebut, Kemenag Kudus masih menggunakan PP 47/2004.

Biaya nikah sesuai peraturan tersebut masih Rp 30.000. Kasi Bina Masyarakat, Abdul Jalil menambahkan, dengan penerapan PP tersebut, belum ada komplain dari masyarakat yang hendak melaksanakan prosesi akad nikah di rumah, berkeberatan dengan biaya nikah yang cukup besar itu.

Tunggu PMA

Ke depan, masyarakat kurang mampu yang hendak menikah di luar KUA juga bisa digratiskan jika memiliki surat keterangan kurang mampu. Biaya nikah Rp 0 juga bisa diterapkan di luar KUA, jika terjadi bencana. ‘’Dalam draft rancangan peraturan Menteri Agama (PMA), ada pasal yang mengatur ketentuan biaya nikah Rp 0 di luar KUA.

Tetapi kami masih menunggu PMA tersebut disahkan dan bisa diaplikasikan,’’katanya. Dia berharap, dengan aturan baru yang ditetapkan pemerintah menganai biaya nikah ini, masyarakat di Kabupaten Kudus bisa mengambil pilihan yang paling tepat. Jika menginginkan bebas biaya, bisa mendaftarakan nikah dengan lokasi di KUA. Namun, jika menginginkan di luar KUA, sementara ini harus membayar sesuai ketentuan. ‘’Bagi warga kurang mampu masih ada pilihan di luar KUAdengan biaya Rp 0, tapi harus nunggu PMA disahkan,’’ pungkasnya. (H76-45)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/11/269830

20 Agustus 2014 - Posted by | KUDUS

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: