KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Konfirmasi Ketua Komisi VIII


SUARA KARYA – Selasa, 19 Agustus 2014

DanaHaji-kecil

JAKARTA (Suara Karya): Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengonfirmasi mengenai Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) kepada Ketua Komisi VIII Dewan Perwakilan Rakyat Ida Fauziah.

“Bagaimana pembahasan BPIH, kemudian apa saja pengawasannya yang dilakukan di dalam negeri dan luar negeri, Kemudian bagaimana proses rekrutmen petugas haji,” kata Ida seusai menjalani pemeriksaan di gedung KPK Jakarta, Senin.

Ida menjadi saksi untuk tersangka mantan Menteri Agama Suryadharma Ali dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi penyelenggaraan haji di Kementerian Agama 2012-2013.

“Yang saya jelaskan mengenai pembahasan itu, kapan dilakukan, kapan disahkan, kemudian siapa saja yang melakukan fungsi pengawasan,” tambah Ida. Dia mengaku bahwa tidak ada lobi dalam pembahasan tersebut. Hanya saja, Ida membenarkan dirinya ikut berangkat ke Arab Saudi dengan rombongan Komisi VIII dan pimpinan DPR.

Sedangkan anggota Komisi VIII lain, Jazuli Juwaini mengaku hanya ditanya tentang hubungan kerja DPR dan pemerintah. Pekan lalu, mantan anggota Komisi VIII Zulkarnaen Djabar seusai diperiksa KPK mengaku bahwa Kementerian Agama menetapkan pemondokan dan katering haji di Arab Saudi tanpa persetujuan DPR.

KPK dalam kasus ini menduga ada pelanggaran dalam beberapa pokok anggaran yaitu BPIH, pemondokan, hingga transportasi jamaah haji di Arab Saudi yang mencapai Rp 1 triliun pada 2012-2013.

Suryadharma Ali diduga mengajak keluarganya, unsur di luar keluarga, pejabat Kementerian Agama hingga anggota DPR untuk berhaji padahal kuota haji seharusnya diprioritaskan untuk masyarakat yang sudah mengantri selama bertahun-tahun jara maksimal 20 tahun denda paling banyak Rp 1 miliar.

Suryadharma Ali sudah mundur dari jabatannya pada 26 Mei 2014, disusul dengan mundurnya Direktur Jenderal Haji dan Umroh Kemenag, Anggito Abimanyu, pada 28 Mei 2014. (Ant/Jimmy Radjah)

Sumber: Suara Karya, 19 Agustus 2014

20 Agustus 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: