KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Kembali Panggil Pejabat Kota Makassar


SUARA MERDEKA.COM – Rabu, 20 Agustus 2014

JAKARTA, suaramerdeka.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memanggil pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Makassar terkait penyidikan kasus dugaan korupsi dalam kerja sama kelola dan transfer PDAM kota Makassar tahun 2006 sampai tahun 2012. Hari ini, KPK memanggil Kepala Bagian Kerja Sama Pemerintah Kota Makassar Amiluddin.

“Dia diperiksa sebagai saksi,” kata Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK, Priharsa Nugraha, Rabu (20/8).

Seperti diketahui, dalam kasus ini KPK menetapkan Ilham Arief Sirajuddin selaku Wali Kota Makassar sebagai tersangka. Pengumuman tersangka dilakukan tepat di hari terakhir yang bersangkutan menjabat sebagai Wali Kota Makassar periode 2009-2014.

Akibat perbuatan tersangka potensi kerugian negara mencapai Rp 38,1 miliar. KPK menjerat Ilham dengan Pasal 2 Ayat (1) atau Pasal 3 UU Tipikor jo Pasal 55 Ayat (1) ke-1 KUHP. Johan menambahkan, dalam kasu ini KPK juga menetapkan Direktur Utama (Dirut) PT Traya Tirta Makassar, Hengky Widjaja sebagai tersangka.

Penyidik KPK menduga terjadi penggelembungan harga (mark up) dalam kontrak kerja sama pengelolaan instalansi PDAM antara Pemkot Makassar dengan PT Traya Tirta Makassar. Terhadap Hengky dijerat dengan Pasal 2 Ayat 1 atau Pasal 3 UU Tipikor jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Terkait kasus tersebut, pada tahun 2012, Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) telah mendalami temuan penyimpangan senilai Rp 500 miliar di PDAM Kota Makassar. Di antaranya, dugaan penyimpangan kerjasama PDAM Makassar dengan PT Traya dengan nilai kerugian PDAM hingga 31 Desember mencapai Rp 38,1 miliar. Akibatnya, hal itu membebani masyarakat dengan adanya kenaikan tarif air PDAM.

Atas dasar itu, dalam Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas pengelolaan PDAM Kota Makassar ini, BPK merekomendasikan Dirut PDAM Makassar menarik kembali dana Rp 38,1 miliar dari PT Traya Tirta Makassar dan mendistribusikan langsung air bersih ke pelanggan di perumahan Bukit Baruga.

( Mahendra Bungalan / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/08/20/213781/KPK-Kembali-Panggil-Pejabat-Kota-Makassar

20 Agustus 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: