KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Calo Bansos Sunat 50 Persen


SUARA MERDEKA – Sabtu, 16 Agustus 2014

  • Kejari Buru Keterlibatan Eksekutif

GROBOGAN – Kejaksaan Negeri (Kejari) Purwodadi menetapkan Hutomo alias Gutomo menjadi tersangka calo dana Bansos Provinsi Jateng tahun anggaran 2011-2012. Tidak menutup kemungkinan akan muncul tersangka baru dari eksekutif. Modus yang digunakan tersangka adalah menawari sejumlah yayasan dan lembaga yang bergerak di bidang seni budaya untuk memperoleh bansos. Masing-masing organisasi tidak perlu repot mengumpulkan tetek bengek persyaratannya, tersangkalah yang akan bekerja. Termasuk dalam pembuatan proposal dan proses pengajuannya.

Namun ada kesepakatan, 50 persen dari nominal bantuan masuk ke kantong pribadi tersangka. Sisanya baru digunakan untuk pengembangan kesenian, sesuai dengan petunjuk teknis. Seperti pembelian alat kesenian. ”Ada 160 penerima bansos. Dari pengakuan tersangka, ia menerima Rp 300-an juta. Jika demikian, nominal bansos dari proposal yang diajukan sebensar Rp 600 juta- Rp 700 juta,” kata Kajari Purwodadi Sinarta Sembiring, Jumat (15/8).

Sinarta mengatakan, bisa jadi tersangka akan lebih dari satu orang. Mengingat pengajuan proposal bansos perlu ada tanda tangan persetujuan dari dinas terkait. ”Eksekutif harusnya tahu soal ini. Masih kami dalami sejauh mana keterkaitan dinas tersebut. Tersangka ini memang calo beneran atau sebenarnya hanya orang biasa yang dijadikan calo (oleh eksekutif),” lanjut Sinarta tanpa menyebutkan dinas mana.

30 Orang

Dari 160 penerima bansos, baru sekitar 30 orang yang dipanggil untuk dimintai keterangan. Semuanya menyatakan hal yang sama, yakni tersangka G datang memberikan penawaran. Tersangka juga mengambil 50 persen bantuan untuk kepentingan pribadi. Mengingat banyaknya saksi yang harus diperiksa, lanjut Sinarta, pihaknya belum bisa memastikan kapan bisa menyelesaikan berkas dakwaan.

”Sebenarnya dari 30 orang itu sudah menyatakan hal yang sama. Tapi dari pada nanti harus bolak-balik, maka kami akan selesaikan dulu pemeriksaan semua saksi. Semoga akhir bulan ini sudah selesai semuanya,” harap Sinarta.

Jika sudah selesai, Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang ditunjuk segera akan menyusun berkas dakwaan. Jika sudah siap, akan dilimpahkan ke Pengadilan. Saat ini, G yang sudah jadi tersangka tidak ditahan. (H81-64)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/16/270396

18 Agustus 2014 - Posted by | GROBOGAN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: