KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Bawaslu Apresiasi Vonis terhadap Sukini


SUARA MERDEKA – Senin, 18 Agustus 2014

SEMARANG – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng mengapresiasi vonis 12 bulan penjara dan denda Rp 12 juta yang dijatuhkan Pengadilan Negeri Sukoharjo terhadap Sukini, terdakwa perusak puluhan surat suara Pemilu Presiden 2014 di TPS 01, Desa Dukuh, Kecamatan Mojolaban.

“Meskipun vonis hukumannya minimal dari pasal yang digunakan, namun kami tetap memberikan apresiasi,” kata Koordinator Divisi Pengawasan dan Hubungan Antarlembaga Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Tengah, Teguh Purnomo.

Menurut dia, apresiasi terhadap PN Sukoharjo patut diberikan karena dari beberapa kasus pelanggaran pidana pemilu di Jateng, hampir semua terbukti dan dihukum. Namun rata-rata hukumannya hanya percobaan.

Dari empat perkara yang terjadi selama Pilpres 2014, dua di antaranya di Kabupaten Sragen berupa penggunaan hak suara lebih dari satu kali diputus hukuman 6 bulan masa percobaan setahun.

Purbalingga

”Yang lebih parah lagi adalah yang terjadi di Kabupaten Purbalingga berupa kampanye di luar jadwal yang diduga dilakukan oleh Wakil Bupati Purbalingga, Tasdi, ternyata harus kandas prosesnya di Polres Purbalingga. Kami sangat kecewa dengan sikap Kapolres Purbalingga yang justru mengeluarkan surat penghentian penyidikan. Hal ini telah kami laporkan ke Bawaslu pusat untuk ditindaklanjuti,” paparnya.

Teguh menjelaskan, dalam sidang yang berlangsung Rabu (13/8), majelis hakim menilai Sukini terbukti bersalah melakukan perusakan 34 surat suara. Akibatnya surat suara milik salah satu calon dinyatakan tidak sah. Sukini didakwa melanggar Pasal 234 UU No 42/2008 tentang Pilpres.

Hal-hal yang memberatkan terdakwa antara lain, berstatus sebagai pegawai negeri sipil dan anggota kelompok penyelenggara pemungutan suara yang seharusnya menjadi panutan.

“Bawaslu Jateng tetap harus mengusut tuntas siapa orang yang menyuruh dan berada dibalik perusakan surat suara Pemilu Presiden 2014 itu,” ujarnya.(J8,H68-90)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/08/18/270575

18 Agustus 2014 - Posted by | SUKOHARJO

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: