KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Uji Kir Ditarget, Pungli Subur


SUARA MERDEKA – Selasa, 12 Agustus 2014

SEMARANG – Persoalan di pengujian kendaraan bermotor (uji kir) relatif sama dengan jembatan timbang. Pungutan liar tumbuh subur karena terbatasnya sarana dan sumber daya manusia (SDM), serta lemahnya sistem.

Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Jateng Urip Sihabudin mengatakan, kewenangan uji kir ada di kabupaten/kota. Persoalannya pemerintah daerah kesulitan sarana, SDM, dan sistem. Alat uji dan petugas penguji atau penyedia membuat uji kir tidak bisa dilaksanakan sesuai standar. Jika harus sesuai ketentuan, pengujian bisa berlangsung lama.

“Harus ada kerja sama pusat, provinsi, dan kabupaten/ kota untuk melengkapi alat dan SDM ini,” katanya, Senin (11/8). Selain itu, kerja sama juga dibutuhkan dalam hal pembangunan sistem informasi yang terkoneksi. Sistem ini akan dibangun bersama-sama dengan jembatan timbang.

Dengan demikian, data kendaraan akan dapat dipantau secara online, baik antarbalai uji kir, maupun dengan jembatan timbang serta kepolisian. “Karena kendaraan kan bebas mau uji kir di mana, tidak harus di satu tempat. Kalau buku kir hilang, masih bis dilihat di database,” katanya. Selain itu, pemerintah juga harus mulai melepaskan uji kir dari salah satu pos pendapatan daerah. Sebab jika ditarget akan menjadi dilema bagi petugas di lapangan.

“Target akan menuntut petugas mencari pendapatan sebanyak-banyaknya, padahal substansinya keamanan dan keselamatan kendaraan,” jelas dia. Sebelumnya, fakta pungli masih berlangsung di balai uji kir Kabupaten Semarang dan Kota Semarang. Pemilik kendaraan dipaksa membayar dua kali lipat dari tarif resmi. (H68,J8-80)

Sumber : Suara Merdeka cetak

15 Agustus 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: