KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Anggota Dewan, Modus Selalu Berkembang


SUARA MERDEKA.COM – Jum’at, 15 Agustus 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Nyaris setiap periode kedudukan legislatif di Jawa Tengah diwarnai jeratan kasus korupsi yang diaktori anggotanya.

Laporan akhir tahun Komite Penyelidikan dan Pemberantasan Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KP2KKN) Jawa Tengah mencatat korupsi di Jawa Tengah yang menyeret legislator menduduki peringkat kedua. Aktor korupsi terbanyak adalah dari golongan Pegawai Negeri Sipil (PNS).

“Untuk legislator, akhir tahun 2013 mencapai 40 an kasus,” kata Sekretaris KP2KKN Eko Haryanto.

Riset Pusat kajian Anti-Korupsi (PUKAT) Fakultas Hukum Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta menyebut, modus korupsi yang digunakan legislator berkembang.

“Namun  tetap saja, core-nya adalah anggaran. Modus yang lama adalah pemotongan anggaran dalam berbagai proyek pengadaan dan pendanaan,” kata peneliti PUKAT UGM, Hifdzil Alim. Diantaranya, korupsi dana bantuan sosial, dan korupsi pengadaan barang dan jasa.

Modus lain yang saat ini marak adalah, modus jual beli pengaruh. “Jual beli influence, ini seperti di kasus Luthfi Hasan Ishaaq yang namanya selalu dibawa Ahmad Fathanah,” lanjut Hifdzil.

Menurutnya, modus diawali dengan bangunan jaringan. Jaringan kepada pengusaha yang lebih dulu ada sebelum pelaku korupsi menjadi anggota dewan, atau jaringan dibangun segera setelah dilantik menjadi anggota dewan.

Tak berhenti disitu. Anggota dewan yang berniat korupsi tak pernah hilang akal. Yakni dengan jual beli kewenangan dalam pengesahan perundangan.

“Misalnya perundangan tentang air, ternyata ada titipan dari pihak tertentu. Itu menjadi peluang korupsi,” ujar Hifdzil. Tak heran jika pada akhirnya marak pengajuan uji materi ke Mahkamah Konstitusi.

( Eka Handriana / CN39 / SMNetwork )

Sumber : Suara Merdeka.com

Iklan

15 Agustus 2014 - Posted by | KP2KKN DALAM BERITA, SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: