KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

1.700 Proyek Publik Dipertanyakan


SUARA MERDEKA.COM – Kamis, 14 Agustus 2014

KUDUS, suaramerdeka.com – Sebanyak 1.700 proyek publik yang digelar tahun ini dipertanyakan pelaksanaannya. Salah satu penyebabnya, yakni banyaknya kegiatan yang digelar serta dana yang dibutuhkan. Terkait hal tersebut, kegiatan seperti itu patut dipantau dengan cermat agar penyelesaiannya sesuai dengan aturan main yang ada.

Hal itu terungkap saat unjuk rasa masa Milisi Penyelamat Uang Rakyat (M-PUR) di Alun-alun Simpang Tujuh, Kamis (14/8). Tidak puas berorasi di jantung Kota Keretek tersebut, mereka dengan berjalan kaki mendatangi Kejaksaan dan meminta agar dapat ikut mengawasi proyek publik yang dilakukan. “Dengan jumlah proyek dan dana yang digunakan, patut terus mendapat kawalan publik,” kata perwakilan aksi, Slamet Machmudi.

Mayoritas 1.700 proyek tanpa lelang dibiayai oleh APBD Kudus tahun 2014. Adapun 300 proyek yang melalui proses lelang kebanyakan berasal dari dana APBD Propinsi Jawa Tengah dan APBN 2014. “Kami mengajak publik untuk mengawasi jalannya kegiatan tersebut,” ungkapnya.

Jika ditemukan kejanggalan atau ketidaksesuaian diharapkan untuk melaporkan kepada instansi terkait atau aparat penegak hukum. Pengawasan program pembangunan oleh rakyat sebagai bagian dari upaya pencegahan dikorupsi-nya uang rakyat. Kegiatan proyek yang dilakukan pemerintah melalui rekanan berpotensi diselewengkan.

Terkait penyelenggaran proyek publik, Kepala Unit Layanan Pengadaan (ULP) Kudus, Catur Sulistyanto, sebelumnya menegaskan proses penyeleksian proyek publik sudah baku dengan sederet ketentuan yang harus dipedomani. Sejak awal, berbagai persyaratan administrasi sudah disampaikan kepada rekanan. Proses seleksi juga dapat dengan terbuka dilihat di situs resmi ULP. Simpulannya, peluang untuk main mata sudah tidak ada lagi karena segala sesuatunya ditransparansikan kepada semua pihak.

( Anton WH / CN38 / SMNetwork )

Sumber : Suara Merdeka.com

Iklan

15 Agustus 2014 - Posted by | KUDUS

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: