KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Rina Optimis Bisa Batalkan Dakwaan


SUARA MERDEKA.COM – Minggu, 10 Agustus 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Kuasa hukum terdakwa Rina Iriani Sri Ratnaningsih, M Taufik meminta jaksa dan hakim bertindak obyektif saat mengawal sidang di Pengadilan Tipikor Semarang. Dia optimis mampu membatalkan dakwaan jaksa dalam persidangan.

“Selama ini saya anggap syarat bukti sesuai yang ketentuan 124 KUHP seperti keterangan saksi dan keterangan ahli masih kurang. Jaksa juga tidak bisa buktikan tanda tangan dan surat-surat yang kami sangkal,” tandasnya, Minggu (10/8).

Menurut dia, bukti yang dijadikan dasar kejaksaan dalam perkara Rina itu tidak asli. Salah satunya ialah surat ke Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera), terutama surat kliennya bernomor 158 tentang permohonan ke Kemenpera untuk GLA. Ia pun telah melaporkannya ke Polda Jateng.

Hingga kini, ia sudah diberikan salinan terkait Surat Pemberitahuan Perkembangan Hasil Penyidikan (SP2HP) dalam pelaporan tersebut. Dikeluarkannya SP2HP itu menyimpulkan tidak didapatinya surat yang asli.

Adapun, saksi yang diperiksa ada sejumlah 23 orang terkait proyek perumahan Griya Lawu Asri (GLA) Kabupaten Karanganyar. Sebelumnya, Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Jateng Eko Suwarni menyatakan, jaksa mendakwa Rina dengan pasal komulatif yaitu pasal 2 ayat 1 Undang-Undang (UU) Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dalam UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Dakwaan subsidair pasal 3 UU Tindak Pidana Korupsi.

“Lebih subsidair pasal 11 dan lebih-lebih subsidair pasal 5 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi. Selanjutnya, terdakwa juga didakwa melakukan TPPU (Tindak Pidana Pencucian Uang, red) sebagaimana pasal 3 Undang-Undang Nomor 8/2010,” tandasnya.

( Royce Wijaya / CN38 / SMNetwork )

Sumber : Suara Merdeka.com

13 Agustus 2014 - Posted by | KARANGANYAR

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: