KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Gugatan MAKI Dicabut, Hakim Coret Perkara


SUARA MERDEKA.COM – Rabu, 13 Agustus 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Gugatan perbuatan melawan hukum yang diajukan Perkumpulan Masyarakat Anti Korupsi Indonesia (MAKI) terhadap Kejaksaan Agung (Kejagung) dan Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng resmi dicabut dalam sidang perdana di Pengadilan Negeri (PN) Semarang, Rabu (13/8). Pencabutan itu terkait dengan pelimpahan perkara dugaan korupsi dana subsidi perumahan dari Kementerian Perumahan Rakyat (Kemenpera) ke Pengadilan Tipikor Semarang yang menjerat mantan bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih.

Atas pencabutan tersebut, Ketua Majelis Hakim Anton Widiyartono didampingi dua anggotanya Heri Sismanto dan Andi Subiyantadi langsung mencoret gugatan dari register perkara. “Memerintahkan, mengabulkan permohonan penggugat pada perkara ini. Memerintahkan kepaniteraan Pengadilan Negeri Semarang mencoret gugatan dari register perkara,” kata Anton saat memimpin persidangan, Rabu (13/8).

Menurut dia, pencabutan gugatan oleh MAKI dinilainya tidak perlu izin dari tergugat. Dalam hukum acara perdata, penggugat bisa mencabut perkaranya tanpa izin tergugat selama agenda sidang belum memasuki jawaban tergugat. “Berbeda jika sudah ada acara jawaban, maka penggugat saat mencabut gugatannya harus seizin tergugat,” ungkapnya.

Kuasa Hukum MAKI, Ahmad Rizal Muzaky menyatakan, gugatan itu dicabut karena tujuannya telah tercapai. “Maksud gugatan penggugat telah tercapai, sehingga atas nama penggugat kami menyatakan mencabut gugatan perdata ini dinyatakan dicabut,” tandasnya.

Sebelumnya, Koordinator Perkumpulan MAKI Boyamin Saiman menjelaskan, gugatan itu memang harus dicabut karena kalau tetap diteruskan akan salah alamat.

( Royce Wijaya / CN38 / SMNetwork )

Sumber : Suara Merdeka.com

Iklan

13 Agustus 2014 - Posted by | KARANGANYAR

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: