KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kejati Selamatkan Rp 10,5 Miliar


SUARA MERDEKA – Jum’at, 25 Juli 2014

SEMARANG- Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jateng selama semester pertama 2014, tepatnya dari Januari hingga Juni mampu menyelamatkan dan memulihkan kerugian negara dalam perkara korupsi sebesar Rp 10,5 miliar.

Asisten Tindak Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati Jateng Masyhudi mengatakan, aset yang diselamatkan itu seperti halnya 24 bidang tanah, dua unit mobil, perhiasan emas, dan uang 28 ribu dolar AS. ’’Untuk pemulihan keuangan negara sebesar Rp 2,476 miliar.

Seluruh aset yang diselamatkan itu akan dimasukkan ke kas negara,’’ katanya. Penyelamatan aset ini di antaranya diperoleh dari penanganan tindak pidana korupsi dengan tersangka dua mantan kepala daerah, yakni Rina Iriani Sri Ratnaningsih dan M Tamzil. Sebagaimana diketahui, Rina yang merupakan mantan bupati Karanganyar itu disangka atas kasus korupsi dan dugaan pencucian uang pada proyek Griya Lawu Asri (GLA) Kabupaten Karanganyar.

Adapun, M Tamzil mantan bupati Kudus tersandung kasus korupsi proyek bantuan sarana dan prasarana pendidikan di Kudus tahun anggaran 2004-2005. ’’Kasus Tamzil sendiri sudah ada pengembalian sekitar Rp 1,8 miliar. Pengembalian itu menjadi barang bukti di Kejati Jateng,’’ kata dia.

Komitmen Kejaksaan

Pihaknya mendukung Kepala Kejati Jateng Babul Khoir yang selalu menginstruksikan agar jajarannya senantiasa berkomitmen dalam penegakan hukum serta menangkap tindak pidana korupsi.

Penegakan hukum ini bisa memberikan peringatan bagi masyarakat agar tidak melakukan pidana yang sama. Menurut Babul, Aspidsus harus terus menggiatkan penanganan korupsi, termasuk terus mengejar tersangka yang dinyatakan buron. ’’Terus kejar, buru, dan tangkap,’’ kata dia.

Di sisi lain, Masyhudi mencatat ada sebanyak 17 kasus tindak pidana khusus yang ditangani Kejati selama 2014. ’’Sampai Juni ini, diselidiki 17 kasus tindak pidana khusus, sedangkan dalam penyelidikan 15 kasus. Untuk penyidikan tindak pidana pencucian uang satu kasus,’’ jelasnya. (J17,J14-90)

Sumber : Suara Merdeka

Iklan

25 Juli 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: