KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Kasus Haji, Wakil Ketua MPR Diduga Terlibat


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 24 Juli 2014

JAKARTA, suaramerdeka.com – Komisi Pemberantasan Korupsi terus melakukan proses penyidikan sejumlah saksi terkait kasus dugaan korupsi dalam penyelenggaraan ibadah haji tahun 2012-2013 tersu diselidiki oleh Komisi Pemberantasam Korupsi.

Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas saat ditemui di kantormya, Rabu (23/7) mengatakan pihaknya siap untuk memanggil siapa pun yang dianggap bisa membuat terang kasus yang telah menjerat mantan Menteri Agama, Suryadharma Ali.

Pemanggilan saksi itu, dia melanjutkan, termasuk memanggil Direktur Utama PT Al-Amin Universal, Melani Leimena Suharli. Perusahaan itu yang merupakan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji.

Ketua Dewan Pimpinan Wilayah Partai Persatuan Pembangunan (DPW PPP) Banten, Muhammad Mardiono, yang termasuk dalam rombongan haji SDA, mengaku membayar sebesar Rp200 juta ke Al-Amin untuk keberangkatannya itu.

Melani yang juga adalah Wakil Ketua MPR, tercatat sebagai petinggi dari KBIH Al-Amin. Diduga, perusahaan tersebut mendapat jatah buat mengelola kuota haji yang dipakai untuk para penyelenggara negara dan tokoh. Dari informasi yang dihimpun, kuota tersebut diperjualbelikan kepada anggota DPR dan orang dekat Menteri Agama.

Busyro mengaku heran dengan adanya jemaah haji yang berhak mendapat kuota itu menjadi terabaikan. “Ini gejala yang betul-betul mengakibatkan wajah demokrasi itu tersandera beban kultural. Bangsa Indonesia tak terbiasa dengan sikap terbuka dalam kaitan kedekatan nepotisme dan kronisme,” kata Busyro.

Menurut Busyro, permasalahan utamanya bukan terkait apakah keluarga dan kerabat pejabat itu membayar, namun lebih kepada rasa keadilan buat calon jemaah haji yang lebih berhak.

Terkait urusan kuota, Busyro menambahkan, salah satu yang ditelisik KPK adalah terkait sistem komputerisasi haji (Siskohat). Lantaran, jatah yang seharusnya diberikan kepada seseorang, malah diberikan kepada pihak lain.

( vvn / CN19 )

Sumber : Suara Merdeka

24 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: