KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK: Uang Pungli di Balai Uji KIR Dahsyat Bos!


detikNews – Rabu, 23 Jult 2014

Jakarta – Dua Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Bambang Widjojanto dan Zulkarnain turun langsung dalam sidak di balai uji KIR di Jakarta Barat. Mereka menunjukkan dan membisiki kepada Wagub Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) tentang pelayanan di KIR yang tak beres dan banyak penyelewengan.

“Tadinya waktu kami datang alatnya masih mati semua, itu baru dinyalakan lagi,” bisik Bambang kepada Ahok di lokasi, Rabu (23/7/2014). Dia juga menyebut saat pemeriksaan awal, 80%-90% alat pemeriksaan seperti tes emisi, uji rem dan tes lampu tidak menyala.

Kehadiran Bambang di lokasi itu tak semencolok Ahok yang masih mengenakan setelan kemeja putih yang lengannya digulung. Penampilan Bambang jauh lebih santai dan tak seperti sehari-hari saat dia ke kantornya di KPK.

Bambang memakai baju preman berupa kemeja lengan pendek, celana coklat dan sepatu sport serta tas selempang. Sementara Zulkarnain memilih pakai jaket hitam.

Ditanya kenapa sampai ‘turun gunung’ untuk sidak, Bambang mengakui alasannya karena memang potensi korupsi di KIR tak bisa disepelekan.

“Ini kan menyangkut hajat hidup orang banyak. Terus kalau lihat putaran uang jangan lihat besar kecilnya, selama ini kan orang menganggap pity corupption yang kecil-kecilnya itu gak berarti. Kalau dikapitalisasi, uang pungutan illegal di KIR itu dashyat bos,” kata dia.

Bambang menyebut perputaran yang di KIR bisa sampai ratusan juta sehari. “Paling menarik, kami mengecek antara uang yang ada dan uang yang seharusnya dimasukkan, ada selisih yang sangat besar. Rata-rata pungutannya Rp 100 ribu-Rp 400 ribu per kendaraan, padahal harganya Cuma Rp 87 ribu,” kata dia

Dengan mengalikan jumlah kendaraan yang dilayani rata-rata 500 unit sehari, menurut Bambang ada dana illegal sekitat Rp 2,5 miliar dari balai uji KIR.

Parahnya lagi, uang itu didapat tanpa melakukan proses uji KIR yang semestinya. Kendaraan yang tak layak lolos diloloskan begitu saja jika uang pelicin sudah masuk kantong para petugas.

“Alatnya 90% sudah rusak. Tapi dari yang daftar hari ini 500 kendaraan tapi hampir semua diluluskan, hanya 4 yang tidak lulus,” paparnya.

perputaran uang di KIR sangat besar namun tak semua dimasukkan ke kas daerah. Rata-rata ada pungutan Rp 100 ribu–Rp 400 ribu per kendaraan, sementara biaya uji KIR tak lebih dari Rp 87 ribu.

“Hari ini saja ada 500 kendaraan yang daftar, kemarin 700 kendaraan. Kalau dirata-ratakan, pakai angka konservatif, satu hari putaran uangnya hampir Rp 100 juta. Jadi bisa dibayangkan 100 juta kali 25 hari, sebulan misalnya bisa Rp 2,5 miliar. Itu illegal fee,” ujarnya.

(ros/ndr)

Sumber : detik News

Iklan

23 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: