KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Pengadaan TIK Harus Ditangani Tuntas


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 23 Juli 2014

WONOGIRI, suaramerdeka.com – Kasus korupsi pengadaan barang fasilitas pembelajaran Teknik Informasi Komputer (TIK) di Wonogiri, harus ditangani secara tuntas. Tidak boleh hanya dengan cara tebang pilih, dan kepada mereka yang terlibat harus diberikan sanksi setimpal.

Demikian dikedepankan praktisi hukum Wonogiri, Gunarto, menanggapi langkah Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Wonogiri, Dwi Setyo Budi Utomo (SM, 23/7), yang membidik tersangka baru dalam penanganan kelanjutan korupsi TIK. Sebab, tandas Gunarto, tindak pidana korupsi (tipikor) dalam kasus pengadaan TIK ini, mengindikasikan perbuatan kongkalingkong yang melibatkan lebih dari satu orang.

Tapi dalam penanganan yang sekarang dilakukan, itu hanya ditimpakan pada diri terhukum Bayu Handoyono seorang. Penanganan seperti ini, tandas Gunarto, telah mengundang kesan terjadinya diskriminasi penegakan hukum model tebang pilih. ”Yang model seperti ini, telah mencederai rasa keadilan di masyarakat,” tandas Gunarto.

Pasalnya, kasus korupsi pengadaan TIK ini, merupakan perbuatan korporasi atau kongkalingkong, bukan perbuatan dari seorang diri saja.

Seperti pernah diberitakan, Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) di Semarang, dalam penanganan korupsi pengadaan TIK ini, telah menjatuhkan vonis kepada Direktur CV Permata Tujuh, Bayu Handoyono. Yaitu hukuman 4 tahun penjara potong penahanan dan denda Rp 100 juta subsider 1 bulan kurungan.

Mencermati vonis tersebut, Gunarto, menilai, Bayu tidak lebihnya hanya sebagai pedagang yang menjual barang kepada Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Wonogiri. Ketika barang diwujudkan, baru kemudian dia menerima pembayaran. ”Kalau alasannya kemudian itu tidak sesuai spek, mengapa itu dulu dibayar oleh Disdik ?,” ujar Gunarto.

( Bambang Purnomo / CN19 / SMNetwork )

Sumber : Suara Merdeka

23 Juli 2014 - Posted by | WONOGIRI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: