KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Mantan Kepala Unit BRI Dituntut Tujuh Tahun Penjara


SUARA MERDEKA.com – Senin, 21 Juli 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Hermansyah, mantan Kepala Unit BRI Juwana I Pati dituntut hukuman pidana tujuh tahun penjara dalam kasus dugaan korupsi dan penyimpangan dana Kredit Usaha Rakyat (KUR).

Selain pidana badan, terdakwa juga dituntut membayar denda sebesar Rp 200 juta subsidair enam bulan penjara. Tak hanya itu, jaksa penuntut umum, Indah juga meminta terdakwa membayar uang pengganti sebesar Rp 1,175 miliar lebih dan jika tidak bisa mengembalikan maka diganti dengan kurungan satu tahun.

”Meminta majelis hakim yang memeriksa terdakwa, menuntut dengan hukuman penjara tujuh tahun, denda Rp 200 juta subsidair enam bulan serta uang pengganti sebesar Rp 1,175 miliar dan bila tidak bisa mengembalikan diganti satu tahun kurungan,” kata jaksa Indah di hadapan majelis hakim yang diketuai Hastopo di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Semarang, Senin (21/7).

Dalam penyidikan, jaksa menyatakan hasil audit internal bank menunjukkan potensi kerugian sekitar Rp 2,3 miliar atas tindakan yang diduga dilakukan Hermansyah bersama dengan terdakwa lainnya Heri Sugiharto.

Tim pemeriksa bank menemukan kredit KUR tidak lancar sebanyak 151 rekening dimana 101 rekening sebagian atau seluruhnya diduga dipakai terdakwa Hermansyah dan sisanya digunakan Heri Sugiharto.

Penyimpangan yang terjadi pada kredit KUR ini menggunakan modus kredit topengan 33, tempilan 66 dan fiktif sebanyak 2 buah. Topengan berarti menggunakan nama orang lain, sedangkan kredit tempilan ada kerja sama dengan pihak orang dalam. Keterangan saksi-saksi dalam persidangan juga terungkap, bahwa ada kenaikan tunggakan kredit yang tidak lazim hingga 800%.

Asisten Manajer BRI Cabang Pati, Bambang Susetyo menjadi saksi sebelumnya menyatakan, penyimpangan dilakukan sejak November 2011 hingga 13 Juli 2012. Temuan ini juga telah diklarifikasi kepada para nasabah kredit hingga diketahui seberapa besar penyimpangan yang terjadi.

( Modesta Fiska / CN19 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news_smg/2014/07/21/210342/Mantan-Kepala-Unit-BRI-Dituntut-Tujuh-Tahun-Penjara

Iklan

21 Juli 2014 - Posted by | PATI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: