KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Lurah pun Dilarang Terima Parsel


SUARA MERDEKA – Senin, 21 Juli 2014

SEMARANG – Gubernur Ganjar Pranowo melarang pejabat menerima parsel Lebaran dalam bentuk apa pun. Menurutnya parsel sama dengan gratifikasi yang hukumnya haram bagi penyelenggara negara. ”Masyarakat tidak perlu memberi parsel pada pejabat. Karena itu sama dengan gratifikasi. Mari mulai dengan kultur baru,” katanya, di rumah dinas Puri Gedeh, Jumat (20/7).

Tidak hanya pejabat tinggi, pegawai negeri sipil (PNS) rendahan pun dilarang menerima parsel. Bahkan pejabat kelurahan juga harus menolak bingkisan lebaran tersebut. ”Sudah ada yang tanya saya apakah lurah boleh menerima parsel, saya jawab tidak. Lurah juga penyelenggara negara, dilarang itu,” katanya.

Mobil Dinas

Soal parsel ini menyusul larangan serupa untuk mobil dinas. Seluruh PNS Pemprov Jateng dilarang menggunakan mobil negara untuk keperluan mudik Lebaran. Ganjar bahkan memerintahkan seluruh kendaraan dinas ditarik. ”Saya instruksikan mobil di-pull saja agar tidak digunakan untuk mudik,” katanya.

Kebijakan ini berbeda 180 derajat dengan mantan gubernur Bibit Waluyo. Mantan pangkostrad itu tidak melarang penerimaan parsel. Menurutnya, bingkisan lebaran merupakan bagian dari silaturahmi yang dilaksanakan setahun sekali. Soal tendensi dalam pemberian parsel, Bibit mengatakan hal itu tidak bisa serta merta bisa diterjemahkan dalam bentuk gratifikasi. Selain dipersilakan menerima bingkisan Lebaran, Bibit juga mengizinkan pejabat atau pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah provinsi ini mudik dengan menggunakan kendaraan dinas.(H68,J8-90)

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/cetak/2014/07/21/268115/Lurah-pun-Dilarang-Terima-Parsel

21 Juli 2014 - Posted by | SEPUTAR JAWA TENGAH - PROV. JATENG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: