KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Diminta Usut Tuntas Mafia Tanah di Karawang


SUARA MERDEKA.com – Senin, 21 Juli 2014

JAKARTA, suaramerdeka.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) didesak menuntaskan kasus mafia tanah di Kabaten Karangan Jawa Barat. Menyusul penangkapan Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya yang juga anggota DPRD Karawang Nurlatifah dalam operasi tangkap tangan yang dilakukan KPK.

“Kami meminta dan mendukung KPK untuk mengusut tuntas kasus mafia tanah di Karawang,” ujar perwakilan Tim Advokasi, Rizal saat menggelar aksi di halaman Gedung KPK, Senin (22/7).

Menurutnya, banyak tanah masyarakat yang diserobot. “Sudah banyak tanah warga yang dirampas dengan paksa, saatnya untuk diungkap,” ujar Rizal.

Dia menambahkan, tim advokasi yang terdiri dari Gerakan Mahasiswa Indonesia dan Perhimpunan Bantuan Hukum dan HAM Indonesia (PBHI) Jakarta ini juga mengapresiasi KPK karena telah mengungkap mafia tanah di Karawang. “Operasi tangkap tangan oleh KPK ini merupakan secercah harapan dan doa tulus para petani pemilik lahan yang tanahnya dirampas dengan eksekusi pengadil yang cacat hukum,” kata Rizal.

Dalam aksinya, mereka membawa karangan bunga berukuran 1×1,5 meter persegi. Karangan bunga tersebut selanjutnya diserahkan kepada perwakilan KPK.

Sebelumnya, KPK menetapkan Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nurlatifah menjadi tersangka kasus pemerasan. Pasangan suami istri ini diduga meminta sejumlah uang kepada  PT Tatar Kertabumi terkait izin pembangunan mall di Karawang.

Ade Swara melakukan pemerasan melalui Nurlatifah uang sebesar 424.329 dolar AS atau senilai Rp 5 miliar yang diambil oleh kerabat salah satu tersangka. Uang tersebut terdiri dari pecahan 100 dolar sebanyak 4230 lembar kemudian pecahan 20 USD sebanyak 2 lembar, 5 dolar 1 lembar, dan 1 dolar 4 lembar. Uang pecahan 100 dolar AS terdiri dari dua seri, lama dan baru.

( Mahendra Bungalan / CN31 / SMNetwork )

Sumber : http://www.suaramerdeka.com/v1/index.php/read/news/2014/07/21/210328/KPK-Diminta-Usut-Tuntas-Mafia-Tanah-di-Karawang

21 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: