KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Gunakan Mobil Dinas untuk Mudik Terkena Sanksi


SUARA MERDEKA – Sabtu, 19 Juli 2014

SEMARANG  – Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi siap memberi sanksi kepada pegawai yang terbukti membawa mobil dinas untuk mudik. Sanksi itu, katanya, bisa berupa teguran, penarikan mobil atau sanksi adminsitrasi lain.

Kebijakan pelarangan penggunaan mobil dinas (mobdin) untuk mudik, kata Hendrar Prihadi, mengikuti langkah Pemrov Jateng yang juga tidak membolehkan pegawainya menggunakan mobil dinas untuk pulang kampung.

“Jika ada yang melanggar, siap-siap untuk menerima sanksi. Aturannya jelas, semua jajaran SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah-red) di Kota Semarang tidak boleh menggunakan mobdin untuk pulang kampung,” katanya. Dia menjelaskan, pihaknya mendukung kebijakan Gubernur Jateng yang sebelumnya telah membuat larangan serupa.

Sudah seharusnya, katanya, mobdin yang dibeli dari anggaran daerah dan bersumber dari uang rakyat, tidak digunakan untuk kepentingan pribadi. Hendi, sapaan akrab wali kota juga mengimbau kepada masyarakat untuk bisa melaporkan ke pemkot jika ada atau melihat mobdin yang dipakai mudik saat Lebaran.

Sementara itu, beberapa pejabat mengaku siap mematuhi aturan tersebut. Kabag Humas Sekretariat Daerah Kota Semarang Achyani misalnya, mengaku siap melaksanakan perintah wali kota. Dia menyatakan tidak akan menggunakan kendaraan dinasnya untuk keperluan mudik ke kampung halaman di Kota Magelang. “Sudah biasa kok, tahun-tahun sebelumnya juga sudah ada larangan seperti ini.”

Sebelumnya, Pemprov Jateng melarang pegawai di lingkungan Pemprov Jateng menggunakan mobdin untuk pulang kampung saat Lebaran. Alasannya sesuai Surat dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan juga tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 5/1983 yang mengatur kendaraan dinas hanya boleh untuk kepentingan dinas.(H71,H35-39)

19 Juli 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: