KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Bupati Karawang dan Istri Tersangka Pemerasan 424 Ribu Dolar AS


SUARA MERDEKA.com – Sabtu, 19 Juli 2014
image

KONPERS BUPATI KARAWANG: Penyidik KPK (bertopeng) menunjukan uang dolar AS didampingi Ketua KPK Abraham Samad dan Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto di Gedung KPK, Jumat (18/7) malam.(suaramerdeka.com/Mahendra Bungalan)

 

JAKARTA, suaramerdeka.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menetapkan Bupati Karawang Ade Swara dan istrinya Nurlatifah menjadi tersangka kasus pemerasan. Pasangan suami istri ini diduga meminta sejumlah uang kepada PT Tatar Kertabumi terkait izin pembangunan mall di Karawang.

“ASW (Ade Swara) memeras terkait dengan izin surat permohonan pemanfaatan ruang guna pembangunan mall di Karawang,” ujar Ketua KPK Abraham Samad dalam jumpa pers di kantor KPK, Jumat (18/7).

Dalam jumpa pers tersebut, Abraham didampingi Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto, Deputi Penindakan KPK Warih Sadono, Direktur Penyelidikan Ari Widiatmoko, Kepala Biro Humas KPK Johan Budi Sapto Prabowo, dan seorang penyidik menggunakan topeng.

Dia menjelaskan, Ade Swara melakukan pemerasan melalui Nurlatifah uang sebesar 424.329 dolar AS atau senilai Rp 5 miliar yang diambil oleh kerabat salah satu tersangka. Uang tersebut terdiri dari pecahan 100 dolar sebanyak 4230 lembar kemudian pecahan 20 USD sebanyak 2 lembar, 5 dolar 1 lembar, dan 1 dolar 4 lembar. Uang pecahan 100 dolar AS terdiri dari dua seri, lama dan baru.

“Dari hasil penelusuran, KPK menetapkan saudara ASW dan saudara NLF, istri bupati karawang sebagai tersangka tipikor dengan sangkaan pemerasan sebagaimana dlm pasal 12e atau pasal 23 UU 31/1999 jo Pasal 421 KUHP jo Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP,” ujar Abraham.

Wakil Ketua KPK Bambang Widjojanto mengungkapkan kasus ini terbongkar melalui satu pelapor. Dia mengakui, pihaknya jarang menggunakan pasal pemerasan terkait kasus korupsi. Dia memastikan tidak ada perlawanan dalam operasi tangkap tangan ini. Penyidik KPK hanya menemui hambatan karena bupati tengah mengikuti beberapa acara.

“Dia (ASW) memang ada beberapa acara sehingga di ujung acara baru kita jemput,” kata Bambang.

Ditanya apakah ada beberapa tahap pemberian uang, Bambang memastikan dari hasil pemeriksaan sejauh ini barang bukti yang ditemukan sesuai dengan permintaan Ade dan Nurlatifah.

“Dua orang sebagai tersangka yaitu ASW akan ditahan di rutan Guntur dan satu lagi NLF akan ditahan di rutan KPK,” kata Bambang.

 

( Mahendra Bungalan / CN39 / SMNetwork )

Iklan

19 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: