KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Dana PDAU Salatiga: John Manoppo Mengaku Hanya Meminjam


SUARA MERDEKA.com – Selasa, 15 Juli 2014

SEMARANG, suaramerdeka.com – Mantan Wali Kota Salatiga John M Manoppo yang dituntut pidana 18 bulan penjara pada perkara korupsi dana Perusahaan Daerah Aneka Usaha (PDAU) Kota Salatiga 2006-2008 mengaku hanya meminjam uang ke Adi Sutardjo selaku Direktur PDAU Kota Salatiga sekaligus temannya tersebut.

Pinjaman itu dilakukan secara pribadi kepada Adi yang juga terpidana pada perkara sama dan telah divonis pidana 13 bulan penjara oleh Pengadilan Tipikor Semarang.

Melalui kuasa hukumnya, Yohanes Winarto pada pembelaannya dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Semarang kemarin mengatakan, terdakwa tidak mengetahui sumber pinjaman itu berasal dari PDAU Kota Salatiga.

“Itu hanya pinjam meminjam antara terdakwa dan Adi Sutardjo yang sama-sama aktif sebagai alumni UKSW Salatiga. Keduanya menjabat sebagai ketua dan sekretaris,” tandasnya.

Ia menjelaskan, terdakwa hanya meminjam uang dan membuat kesanggupan untuk mengembalikannya. Pinjaman itu pun termuat dalam perjanjian dan ada surat pernyataannya. Bukti lainnya ialah adanya kasbon pinjaman di PDAU Salatiga. John baru mengetahui sumber uang setelah ada audit keuangan PDAU.

Karenanya, hal tersebut dinilai tidak memenuhi unsur pidana. Terdakwa juga telah mengembalikan uang Rp 55 juta sehingga tak ada kerugian negara.

Sebagaimana tuntutan jaksa, John dinilai terbukti bersalah melakukan korupsi dan melanggar pasal 3 junto pasal 18 Undang-Undang (UU) Nomor 31/1999 sebagaimana diubah dan ditambah dalam UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Selain pidana 18 bulan penjara, jaksa menuntut pidana denda ke terdakwa Rp 50 juta setara tiga bulan kurungan.

Kasus korupsi ini terjadi pada 2006, PDAU sendiri merupakan perusahaan yang bergerak di bidang produksi, serta jasa berupa SPBU, bengkel, percetakan, dan pertokoan dengan modal dari APBD Kota Salatiga.

Atas pembelaan terdakwa, jaksa dari Kejaksaan Negeri Salatiga berencana mengajukan tanggapan tertulis sepekan mendatang.

( Royce Wijaya / CN39 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/15/209636

16 Juli 2014 - Posted by | SALATIGA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: