KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi APBD Kabupaten Kendal: Sodin dan Bayu Divonis Tiga Tahun, Khanwar Dua Tahun


SUARA MERDEKA – Selasa, 15 Juli 2014

SEMARANG – Pejabat Pembuat Komitmen (PPKom) pada Dinas Bina Marga SDA dan ESDM Kabupaten Kendal Ahmad Sodin (50) dan Pemilik CV Sahasra, Bayu Priyatman alias Ukik (32) divonis tiga tahun penjara dalam sidang korupsi dana APBD Kabupaten Kendal tahun anggaran 2012 untuk perbaikan jalan Bebengan, Desa Meteseh, Kecamatan Boja di Pengadilan Tipikor Semarang, Senin (14/7). Kedua terdakwa juga diputus denda Rp 50 juta setara dua bulan kurungan.

Satu terdakwa lain, Khanwar Setianto (21) selaku Direktur CV Sahasra divonis dua tahun serta denda Rp 50 juta setara dua bulan kurungan. Ketiga terdakwa itu disidang secara bergiliran dan terpisah. Putusan Sodin dan Bayu dibacakan Ketua Majelis Hakim Erintuah Damanik. Untuk vonis Khanwar, putusannya dibacakan Ketua Mejelis Hakim Jhon Halasan Butar-Butar.

Saat membacakan putusan Bayu, hakim Erintuah menegaskan, terdakwa terbukti bersalah secara sah dan meyakinkan melanggar Pasal 3 Undang- Undang (UU) Nomor 31/- 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dalam UU Nomor 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Bayar Denda

“Menjatuhkan pidana tiga tahun dan denda Rp 50 juta subsider dua bulan,” tandasnya. Terdakwa juga diputus membayar uang pengganti kerugian negara Rp 193 juta. Sebelumnya, jaksa dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Kendal Maliki Budinato menuntut terdakwa lima tahun serta denda Rp 200 juta dan membayar uang pengganti kerugian negara Rp 193 juta.

Ahmad Sodin dituntut enam tahun, sedangkan Khanwar dituntut empat tahun dan enam bulan penjara. Seperti diberitakan sebelumnya, tindak pidana korupsi itu dilakukan ketiga terdakwa bersama-sama. Di mana, Sodin bersekongkol dengan kedua kontraktor, yakni Bayu dan Khanwar yang membawa bendera CV Sahasra.

Penyimpangan itu terkuak setelah Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jateng melakukan audit atas pengerjaan proyek Rp 495 juta. Proyek itu diduga tak sesuai bestek atau spesifikasi pembangunan jalan. Dana perbaikan itu berasal dari Provinsi Jateng dan masuk sebagai APBD Kabupaten Kendal 2012. (J17,J14-80)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/07/15/267435

16 Juli 2014 - Posted by | KENDAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: