KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Segera Disidang, Mantan Bupati Karanganyar Tidak Kunjung Ditahan


OKEZONE.COM – Senin, 14 Juli 2014

SEMARANG – Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah mengklaim sudah merampungkan berkas kasus bantuan subsidi perumahan Griya Lawu Asri (GLA) dari Kementerian Perumahan Rakyat tahun 2007-2008 dengan tersangka mantan Bupati Karanganyar, Rina Iriani Sri Ratnaningsih.

Menurut Kepala Seksi Penhum Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Eko Suwarni, selanjutnya Kejati melimpahkan berkas Rina ke Kejaksaan Negeri Karanganyar dan meminta segera dibuatkan dakwaan.

“Karena berkas dianggap lengkap oleh penyidik Kejati Jateng maka segera dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Karanganyar. JPU tadi di dalam penerimaan berkas rencana dakwaan sudah disusun juga, tinggal diteliti untuk memantapkan saja,” kata Eko di Kejaksaan Tinggi Jawa Tengah, Semarang, Senin (14/7/2014).

Dengan demikian, kata Eko, sebenarnya kasus Rina bakal segera masuk ke Pengadilan. “Segera dilimpahkan ke pengadilan. Jadi JPU Karanganyar melimpahkan ke pengadilan sesegera mungkin,” ungkap Eko menambahkan.

Meski berkas sudah dianggap lengkap dan bakal segera disidangkan, namun Rina Iriani hingga kini masih melenggang bebas. Eko berdalih Kejaksaan Tinggi tidak bisa menahan Rina karena kasusnya masuk wilayah hukum Kejaksaan Negeri Karanganyar.

“Jadi semua sudah dilimpahkan ke Kejaksaan Negeri Karanganyar, jadi semua ada pada kawenangan Kejaksaan Negeri Karanganyar. Dan Kejaksaan Negeri Karanganyar punya kewenangan menahan atau tidak,” ungkap Eko.

Sebelumnya, Rina tiba di Kejati Jateng pagi tadi untuk menjelani pemeriksaan dan selesai sekira pukul 14.30 WIB. Bersama pengacaranya, Muhammad Taufiq, ia segera turun ke lantai dasar Kejati dengan menggunakan lift dan masuk ke dalam mobil. Namun, ia sama sekali tidak mau berkomentar.

Muhammad Taufiq menyatakan kliennya baru diperiksa tentang kelengkapan administrasi. “Tentang administrasi, tentang dulu berkasnya benar apa enggak. Lengkap apa enggak,” kata Taufiq berkelit.

Muhammad Taufiq juga enggan mengungkap jumlah pertanyaan yang diajukan ke Rina. Ia beralasan soal materi kasus sebaiknya ditanyakan ke Kejati. “Tanyakan ke Kejaksaan saja. Kami hanya normatif saja. Ini kewenangan kejaksaan dalam melimpahkan tahap dua saja,” ungkap Taufiq.

Kasus bantuan subsidi perumahan dari Kementerian Perumahan Rakyat diduga merugikan negara Rp18,4 milar. Sebelum Rina jadi tersangka, Kejaksaan Tinggi Jateng sudah mempidanakan dua mantan Ketua Koperasi Serba Usaha (KSU) Sejahtera, Fransiska Riyana Sari dan Handoko Mulyono. Mantan suami Rina, Tony Iwan Haryono, yang pernah menjabat Ketua Dewan Pengawas KSU Sejahtera, juga sudah menjadi terpidana di kasus ini. (ris)

Sumber : http://jogja.okezone.com/read/2014/07/14/513/1012664/segera-disidang-mantan-bupati-karanganyar-tidak-kunjung-ditahan

14 Juli 2014 - Posted by | KARANGANYAR

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: