KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPK Mulai Kembali Periksa Saksi Kasus Korlantas


SUARA MERDEKA.com – Senin, 14 Juli 2014

JAKARTA, suaramerdeka.com – Setelah sekitar setahun tidak melakukan pemeriksaan, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali mulai memanggil saksi-saksi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan “driving” simulator uji klinik pengemudi roda dua (R2) dan roda empat (R4) tahun anggaran 2011. Hari ini, KPK memanggil perwira Polri Legimo Pudjo Sumarto dan Teddy Rusmawan.

“Diperiksa sebagai saksi untuk tersangka DP (Didik Purnomo, red),” ujar Kepala Bagian Pemberitaan dan Informasi KPK Priharsa Nugraha, Senin (14/7).

Dalam kasus dugaan korupsi simulator SIM ini, KPK menetapkan dua jenderal Polri sebagai tersangka bersama dua pihak swasta. Kedua jenderal Polri itu adalah mantan Kepala Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri, Irjen (Pol) Djoko Susilo; dan Wakil Kepala Korlantas Brigjen (Pol) Didik Purnomo.

Adapun pihak swasta merupakan rekanan proyek, yakni Direktur PT CMMA Budi Susanto, dan Direktur PT Inovasi Teknologi Indonesia Sukotjo S Bambang.

Mereka dijerat dengan pasal penyalahgunaan kewenangan yang menimbulkan kerugian negara. Diduga, ada kerugian negara Rp 90 miliar hingga Rp 100 miliar dalam proyek ini.

PT CMMA diduga membeli barang dari PT ITI sekitar Rp 90 miliar, sementara nilai proyek yang dimenangkan perusahaan milik Budi tersebut mencapai Rp 196,8 miliar.

Djoko Susilo divonis 10 tahun penjara oleh Majelis Hakim Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) pada tingkat pertama. Namun hukuman jenderal bintang dua polisi ini diperberat oleh Majelis Hakim Tipikor pada tingkat banding menjadi 18 tahun penjara.

Sementara Budi Susanto, bos PT Citra Mandiri Metalindo Abadi (CMAA), selaku pelaksana proyek pengadaan simulator roda dua dan roda empat di Korlantas Polri dihukum 8 tahun penjara. Adapun perkara Didik dan Sukotjo masih dalam tahap penyidikan KPK.

( Mahendra Bungalan / CN33 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/14/209441

Iklan

14 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: