KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

UU MD3 Disahkan, DPR Tak Akan Maksimal Awasi Pengelolaan Keuangan Negara


KOMPAS.com – Minggu, 13 Juli 2014
KOMPAS/HERU SRI KUMORO Ketua Pansus Rancangan Undang-undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3), Benny K Harman, memberikan rancangan RUU tersebut kepada pimpinan DPR pada Rapat Paripurna DPR di Gedung Parlemen, Jakarta, Selasa (8/7/2014). Pengesahan RUU tersebut berlangsung alot. Sebagian anggota dewan meminta penundaan pengesahan RUU tersebut.

JAKARTA, KOMPAS.com – Fungsi Dewan Perwakilan Rakyat melakukan pengawasan terhadap akuntabilitas pengelolaan keuangan negara diperkirakan akan tumpul. Pasalnya, alat kelengkapan DPR yang menjalankan fungsi itu yakni Badan Akuntabilitas Keuangan Negara (BAKN) dibubarkan oleh Undang-undang MPR, DPR, DPRD, dan DPD yang baru saja disahkan pada 8 Juli lalu.

“Kalau melihat rumusan naskah RUU MD3, kemarin kami kaget. Kenapa? Karena spiritnya adalah yang terkait dengan BAKN harusnya diperkuat. Di dalam draft akhirnya itu malah hilang,” ujar Anggota Koalisi Masyarakat untuk Perubahan UU MD3, Roy Salam dalam jumpa pers di Jakarta, Minggu (8/7/2014).

Roy menilai keberadaan BAKN cukup penting dalam mengawasi penggunaan anggaran negara. BAKN, selama ini bertugas mengkritisi hasil temuan audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).

“BAKN ini meresnpon UUD 1945 bahwa BPK harus menyampaikan hasil audit kepada DPR,” tutur Roy.

Dengan tidak adanya BAKN, hasil audit BPK nantinya akan langsung diberikan ke komisi-komisi. Praktek itu, sebut Roy, sebenarnya sudah dilakukan pada periode 2009-2014, namun audit BPK selama ini tidak pernah digubris komisi-komisi. Hingga kini, Roy menuturkan hanya ada dua komisi yang menggunakan audit BPK.

“Artinya, kalau dengan menghilangkan BAKN dalam bagian alat kelengkapan DPR, maka bisa kami pastikan bahwa fungsi dewan dalam hal pengelolaan pengawasaan APBN atau anggaran akan semakin melemah. Karena kami tidak yakin komisi akan lakukan fungsi itu dengan baik,” imbuh Roy.

13 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: