KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Tipikor dan Pencucian Uang Tak Cocok di KUHP-kan


SUARA MERDEKA.com – Rabu, 05 Maret 2014

BANDUNG, suaramerdeka.com – Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) tetap berpandangan bahwa tindak pidana khusus seperti korupsi dan pencucian uang diatur dalam perundangan tersendiri. Memasukkan kedua tindak pidana tersebut ke dalam Kitab UU Hukum Pidana (KUHP) yang tengah dalam proses revisi hanya akan menyulitkan penanganannya.

“Kejahatan pencucian uang misalnya merupakan kejahatan modern, bisa berkembang cepat,” kata Wakil Kepala PPATK, Agus Santoso usai Semiloka Tindak Pidana Pencucian Uang di Lembaga Konsultasi Bantuan Hukum Korpri Jabar di Bandung, Rabu (5/3).

Menurut Agus, pihaknya khawatir dinamika tersebut tidak mampu direspon dengan cepat. Pasalnya, proses yang dibutuhkan guna mengamandemen KUHP untuk menjawab perkembangan itu bakalan menyita waktu.

“Karena itu, PPATK tidak sependapat kalau tindak pidana khusus dipindahkan ke tindak pidana umum. Kalau kita mau mengamandemen KUHP waktunya lama banget. Yang sekarang saja, belum beres-beres juga, ini menjadi kesulitan kita,” jelasnya.

Dengan kondisi tersebut, dia menyarankan sebaiknya perundangan tindak pidana khusus tidak di-utak-atik. Sikap PPATK itu sudah disampaikan kepada pemerintah. “Tindak pidana khusus tetap diatur dalam UU tersendiri saja. Kalau diamandemen pun akan lebih mudah. Soal ini sudah dikomunikasikan, Menkumham mesti memahami,” katanya.

( Setiady Dwi / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/03/05/193456

Iklan

13 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: