KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Tes CPNS Kian Transparan


SUARA MERDEKA – Senin, 14 Juli 2014

SEMARANG – Tes masuk menjadi calon pegawai negeri sipil dijamin kian transparan. “Ini menyusul dipakainya sistem Computer Assisted Test (CAT) untuk semua tes CPNS mulai 2014.  Bagaimana tidak transparan, bila peserta usai mengerjakan tes juga lansung bisa mengetahui nilai ujian miliknya,” kata Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Tasdik Kinanto di Undip Sabtu (12/7).

Dia ditemui bersama Rektor Prof Sudharto Prawoto Hadi PhD dan Kepala BKD Provinsi Jateng Suko Mardiono, saat memantau pelaksanaan sosialisasi  dan simulasi seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) dengan sistem CAT di gedung Prof Soedarto Undip.  Acara itu didukung portal penyedia lowongan kerja Jobs DB.

Dia mengatakan, metode semacam ini tergolong anyar meski pemerintah sudah memakainya dalam seleksi CPNS di berbagai instansi. Sistem CAT mendorong proses perekrutan dapat berjalan secara transparan, profesional, dan akuntabel, baik secara online maupun offline.

Materi Tes

Adapun sosialisasi dan simulasi di Undip penting. Sebab akan diberikan kisi-kisi tiga kelompok soal materi Tes Kompetensi Dasar (TKD) yang akan diujikan pada seleksi penerimaan CPNS mendatang. Kelompok pertama adalah wawasan kebangsaan, meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI.

Kelompok kedua adalah karakteristik pribadi, yakni integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lain-lain. Sementara kelompok soal ketiga adalah intelejensia umum, yang meliputi kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, serta kemampuan berpikir analitis.

Secara nasional saat ini tersedia lowongan CPNS 2014 seba­nyak 100.000 formasi pegawai, terdiri atas 65.000 PNS dan 35.000 Pejabat Pemerintah de­ngan Perjanjian Kerja (PPPK).

Tahun ini ada 464 instansi yang mendapatkan persetujuan prinsip formasi, yakni 59 kementerian/lembaga dan 405 pemerintah daerah, yakni 28 provinsi serta 377 kabu­pa­ten/kota. (H41-75)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/07/14/267316

13 Juli 2014 - Posted by | SEMARANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: