KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

KPPS Terancam Diberi Sanksi


SUARA MERDEKA.com – Jum’at, 11 Juli 2014

KULONPROGO, suaramerdeka.com – Menindaklanjuti terjadinya pemungutan suara ulang Pilpres di dua Tempat Pemungutan Suara (TPS), Panwaslu Kulonprogo akan menyampaikan rekomendasi kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat agar memberikan tindakan kepada Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) bersangkutan.

Ketua Panwaslu Kulonprogo, Pujarasa Satuhu mengatakan, pihaknya akan mengkaji kesalahan penyelenggara, dalam hal ini KPPS, yang menyebabkan harus digelar Pemilu ulang tersebut. Dari hasil kajian, Panwaslu akan menyampaikan rekomendasi kepada KPU Kulonprogo agar ditindaklanjuti. “Rekomendasi ke KPU kabupaten akan kami sampaikan secepatnya. Mengenai tindakan yang akan dilakukan tergantung KPU,” katanya, Jumat (11/7).

Meski demikian, lanjut Pujarasa, dalam melaksanakan tugas ada petunjuk yang harus diikuti penyelenggara Pemilu. Dalam kasus di dua TPS tersebut penyelenggara diduga tidak bisa melaksanakan tugas dengan baik karena lengah dan tidak teliti. Sehingga bisa saja diberikan sanksi terkait kode etik, seperti peringatan tertulis hingga pemberhentian.

“Paling tidak kalau (rekomendasi, red) kami sampaikan, ke depan menjadi pertimbangan dalam perekrutan KPPS, apakah mereka akan dilibatkan menjadi KPPS lagi atau tidak,” imbuhnya.

Menurut Ketua KPU Kulonprogo, Muh Isnaini, kesalahan yang menyebabkan Pemilu ulang di dua TPS tersebut tidak ada unsur rekayasa maupun kesengajaan. Kasus itu terjadi semata-mata karena kelalaian petugas. Untuk menindaklanjuti apakah akan ada sanksi bagi KPPS bersangkutan, pihaknya masih menunggu rekomendasi dari Panwaslu.

Isnaini menambahkan, secara prosedural KPU Kulonprogo sebenarnya telah memberikan bimbingan teknis (bimtek) berulang-ulang kepada penyelenggara Pemilu hingga tingkat KPPS. Pihaknya juga telah memberikan buku panduan lengkap kepada para petugas KPPS dan menyampaikan agar dalam menjalankan tugas melaksanakan peraturan KPU seperti yang ada dalam panduan.

( Panuju Triangga / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/11/209166

Iklan

13 Juli 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: