KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Korupsi Dana KUR BRI Juwana Pati Terungkap saat Tunggakan Kredit Tak Lazim


SUARA MERDEKA – Sabtu, 12 Juli 2014

SEMARANG – Asisten Manajer BRI Cabang Pati, Bambang Susetyo menjadi saksi dalam kasus korupsi dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) dengan terdakwa Hermansyah, mantan kepala Unit BRI Juwana I Pati di Pengadilan Tipikor Semarang kemarin.

Di hadapan Ketua Majelis Hakim Hastopo, saksi ahli itu menegaskan penyelewengan itu terungkap saat terjadi kenaikan tunggakan kredit yang tak lazim di institusinya. ’’Kami curiga dengan peningkatan tunggakan kredit hampir 800 persen. Lalu dibentuk tim dan akhirnya baru ketahuan,’’ katanya.

Menurut Bambang, penyimpangan itu dilakukan terdakwa mulai 11 November 2011 hingga 13 Juli 2012. Pihak BRI membentuk tim pada 5 Desember 2011 untuk pengecekan langsung, termasuk klarifikasi ke nasabah kredit. Tim bekerja hingga 31 Desember 2012 hingga kemudian memutuskan ada kerugian negara dari bank milik pemerintah tersebut. Terdakwa bukan hanya melakukan pelanggaran disiplin kepegawaian BRI, melainkan juga sudah memakai uang hasil penyimpangan.

Kredit Topengan

Pihaknya menjelaskan, hasil evaluasi tim BRI, tercatat penyimpangan KUR ini bermodus kredit topengan 33, tempilan 66, dan fiktif jumlahnya ada dua. Kredit topengan ini modusnya menggunakan nama nasabah. Modus pinjaman ini misalnya nasabah kredit Rp 20 juta, sebagian dana dipinjam terdakwa. Untuk kredit fiktif, modusnya menggunakan nasabah lama yang sudah tidak aktif lagi. ’’Sesuai SOP (standard operating procedure-red) BRI dan surat direksi, temuan penyimpangan itu agar diproses ke kepolisian,’’ ungkapnya.

Dia mengemukakan, BRI berupaya menyelesaikan kasus ini secara kekeluargaan. Di mana terdakwa menyerahkan sertifikat tanah dan bangunan milik kakaknya, tapi hal itu belum bisa laku terjual.

Hingga batasan waktu yang ditentukan, terdakwa tidak bisa mengganti kerugian akibat penyelewengan tersebut. Sebagaimana diketahui, Hermansyah didakwa melakukan korupsi bersama terdakwa lainnya Heri Sugiharto, mantan mantri BRI Unit Juwana I yang disidangkan dalam berkas terpisah. (J17,J14-80)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/07/12/267187

13 Juli 2014 - Posted by | PATI

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: