KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

ICW Berencana Gugat UU MD3 ke MK


INILAH.COM – Minggu, 13 Juli 2014

INILAHCOM, Jakarta – Indonesia Corruption Watch (ICW) Bersama Koalisi Masyarakat Sipil Undang-Undang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3) akan menggugat UU tersebut ke Mahkamah Konstitusi (MK).

“Kami sedang menyiapkan materi dan dasar hukum untuk melakukan judicial review ke MK,” kata anggota ICW Abdullah Dahlan di kantornya, Minggu (13/7/2014).

Mereka menilai, terdapat sejumlah pasal yang janggal dalam UU tersebut.

“Undang-undang itu ternyata memberikan proteksi ekstra bagi anggota dewan terutama saat menghadapi proses hukum seperti korupsi. Pada pasal 244 UU MD3 menyebutkan, penegak hukum harus mendapat izin dari Mahkamah Kehormatan sebelum memeriksa anggota dewan dalam sebuah tindak pidana. Ini tentu akan memperpanjang proses administrasi dalam mengungkap suatu kasus,” tandasnya.

Selain itu, Mahkamah Kehormatan Dewan juga memiliki kewenangan untuk memutuskan apakah anggota dewan yang dipanggil itu terlibat atau tidak dalam waktu 30 hari.

“Waktu 30 hari ini tentu cukup untuk anggota dewan yang terindikasi tindak pidana korupsi, misalnya, menghilangkan barang bukti, atau merapikan segala bukti-bukti yang berhubungan dengan kasus itu,” ujarnya.

“Jadi penegak hukum tidak bisa melakukan pemeriksaan kepada anggota dewan. Padahal, seperti kita tahu anggota Mahkamah Kehormatan juga berasal dari partai yang juga anggota DPR. Tentu ini rawan terjadi resistensi atau konflik kepentingan,” kata Dahlan. [yeh]

Sumber : http://nasional.inilah.com/read/detail/2119070/icw-berencana-gugat-uu-md3-ke-mk

Iklan

13 Juli 2014 - Posted by | BERITA KORUPSI NASIONAL

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: