KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Enaknya, Gaji Ketua MA/MK Rp 121 Juta


PATI EKSPRES – Sabtu, 12 Juli 2014

  • Hakim Agung Rp 72 Juta

JAKARTA – Di akhir jabatanya presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menaikkan gaji Ketua Mahkamah Agung (MA), Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) dan para hakim agung/hakim konstitusi. Sebulan gaji Ketua MA/MK Rp 121 juta, dan hakim agung/hakim konstitusi Rp 72 juta per bulan.

“Dengan pertimbangan untuk memberikan jaminan keamanan dan kesejahteraan hakim sebagaimana diatur dalam Pasal 48 UU No 48 Tahun 2003,” demikian dilansir Sekretariat Kabinet di websitenya, Jumat (10/7).

Kenaikan ini ditandatangi oleh Presiden SBY pada 7 Juli 2014 lalu dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 55 Tahun 2014 tentang Hak Keuangan dan Fasilitas Hakim Agung dan Hakim Konstitusi. Menurut PP ini, Hak Keuangan serta Fasilitas bagi hakim agung dan hakim konstitusi terdiri atas Gaji pokok, Tunjangan jabatan, Rumah negara, Fasilitas transportasi, Jaminan kesehatan,Jaminan keamanan. Lalau Biaya perjalanan dinas, Kedudukan protokol, Penghasilan pensiun, dan Tunjangan lainnya.

“Gaji pokok bagi Hakim Agung dan Hakim Konstitusi diberikan setiap bulan, mengacu pada Peraturan Pemerintah yang mengatur mengenai ketentuan dan besaran gaji pokok pimpinan lembaga tertinggi/tinggi negara dan anggota lembaga tinggi negara,” bunyi Pasal 4 Ayat (1,2) PP tersebut.

Sebelumnya, hakim agung menerima gaji Rp 30 jutaan perbulan. Sedangkan Ketua MA mendapat tunjangan operasional Rp 150 juta per bulan. “Alhamdulilah. Tentu kami syukuri,” kata Wakil Ketua MA bidang non Yudisial, Suwardi, saat dihubungi, Jumat (11/7).

Sebagai wakil ketua, Suwardi juga mengalami peningkatan menjadi Rp 82 juta per bulan. Gaji itu di atas gaji Wakil Ketua MK yang mendapat Rp 77 juta. Di MA, ada dua wakil ketua yaitu bidang yudisial yang tengah dijabat M Saleh dan Wakil Ketua MA bidang non Yudisial, Suwardi. Adapun Ketua Muda MA mendapat gaji Rp 77 juta per bulan. Dengan kenaikan gaji itu, kinerja MA dan para hakim agung akan dipertahankan dan terus ditingkatkan.

“Sebelum ada kenaikan, kinerja kita juga sudah semangat,” papar mantan Ketua Muda MA bidang Perdata itu. (dot)

Sumber : http://www.patiekspres.co/2014/07/enaknya-gaji-ketua-mamk-rp-121-juta/

Iklan

12 Juli 2014 - Posted by | BERITA POLITIK DAN BERITA UMUM

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: