KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Dugaan Penyimpangan Dana PNPM Rp 1,3 Miliar di Blora – 200 Ketua Kelompok Diperiksa


PATI EKSPRES – Sabtu, 12 Juli 2014

BLORA – Penuntasan kasus penyimpangan dana PNPM Mandiri Pedesaan di Kecamatan Randublatung yang telah bergulir di meja Kejaksaan Negeri (Kejari) Blora, kini menunjukkan perkembangan yang positif. Kejari setempat memanggil 200 ketua kelompok PNPM se Kecamatan Randublatung, diminta keterangannya seputar alur pengelolaan dana bantuan pemerintah pusat itu.

Dari keterangan para ketua kelompok itu, tim penyidik Kejari akan mencocokan sejumlah bukti penerimaan dana yang diperoleh dari Badan Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Blora belum lama ini.

“Dalam dokumen tersebut terdapat nominal dana yang diserahkan kepada ketua kelompok PNMP se Kecamatan Randublatung dan kini tengah kita cocokan,” ujar Kajari Blora, Mohammad Djumali.

Rencana pemanggilan kepada 200 ketua kelompok PNPM, kata Djumali, akan dikumpulkan di kantor Kecamatan Randublatung. Bahkan sebelumnya, Kejari telah menyelidiki 86 orang dari 200 orang tersebut. “Para penerima bantuan tersebut, disalurkan melalui rekening bank BRI,” terangnya.

Menurut Djumali, hasil penyelidikan sementara terindentifikasi dugaan penyimpangaan penggunaan dana PNPM di Kecamatan Randublatung semakin menguat. Sebab diketahui banyak dana yang diduga diselewengkan dan dilakukan sejak tahun 2009 silam. Sedangkan setiap tahunnya ada dana sebesar Rp 1,3 milyar yang masuk. “Sejak tahun 2009 memang belum pernah ada audit,   karena auditornya biasanya hanya mengambil sampel audit di beberapa kecamatan saja. Hal inilah yang akan terus kami dalami,” katanya.

Djumali menjelaskan, tim auditor selama ini hanya mengaudit dana model sampling. Karena model audit hanya mengambil sampel dari beberapa kecamatan di Kabupaten Blora, maka sangat dimungkinkan terjadi kebocoran dana yang digulirkan setiap tahunnya sebesar Rp 1,3 miliar tersebut. Jika dugaan Djumali benar, maka di mungkinkan ada banyak dana yang hilang, bukan hanya uang sebasar 250 juta seperti yang di laporkan saat ini. (feb)

Sumber : http://www.patiekspres.co/2014/07/200-ketua-kelompok-diperiksa/

12 Juli 2014 - Posted by | BLORA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: