KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Diwajibkan Beli Batik, Orang Tua Siswa Resah


SUARA MERDEKA – Senin, 23 Juni 2014

KLATEN- Sejumlah orang tua siswa SMP dan SMA negeri di Kabupaten Klaten mengaku resah di tahun ajaran baru ini karena diminta membeli seragam batik yang harganya  ratusan ribu rupiah.

Purnomo, salah seorang orang tua siswa salah satu SMP negeri di Klaten mengatakan anaknya diminta membayar kain batik khas Klaten Rp 245.000 untuk kenaikan kelas tahun ini. “Katanya wajib dan harus dibayar sebelum pelajaran dimulai,” jelasnya, Sabtu (21/6).

Dikatakannya, kebijakan itu baru tahun ini ada. Anehnya sekolah sendiri tidak tahu jika ditanya alasan detail pembelian seragam itu. Bahkan sekolah saat ditanya malah meminta ditanyakan ke Dinas Pendidikan Pemkab Klaten. Weny, salah seorang siswa mengatakan diminta sekolah membayar Rp 200.000 untuk batik.

Koordinator aliansi rakyat anti korupsi Kabupaten Klaten (ARAKK) Abdul Muslih mengatakan 11 elemen dalam aliansi sudah mencermati masalah itu sebulan terakhir. Menurutnya kebijakan seragam batik itu hanya SMP dan SMA/SMK negeri, sedang swasta tidak. Pungutan segaram itu bukan kali pertama tetapi  tahun ini bentuknya seragam batik yang diklaim khas Klaten.

Berdasar PP 11/2010 pungutan dalam bentuk kolektif tegas dilarang di sekolah sehingga bisa masuk kategori pemaksaan. Pada batik itu ada logo hak cipta Pemkab, logikanya harga seragam murah atau gratis. Bukan justru lebih mahal dari harga di pasar yang hanya Rp 100.000. Saat aliansi mengadakan audiensi ke Dinas Pendidikan tidak seorang pun pejabat berani menjawab.

Kepala Dinas Pendidikan Klaten Pantoro MM saat dikonfirmasi berulangkali melalui telepon dan pesan singkat tidak menjawab. Sementara Kabid Pendidikan Menengah dan Kejuruan , Wahono MPd mengatakan seragam itu untuk menunjukkan potensi muatan lokal. ‘’ Ada aturan yang membolehkan untuk menggunakan muatan lokal. Jadi tidak masalah,’’ ungkapnya. (H34-50,48)

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/cetak/2014/06/23/265237

Iklan

12 Juli 2014 - Posted by | KLATEN

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: