KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Cegah Korupsi, Yayasan UGM Diinvestigasi


SUARA MERDEKA.com – Kamis, 10 Juli 2014

SLEMAN, suaramerdeka.com – Pusat Kajian Anti Korupsi (Pukat) menilai perlu adanya investigasi terhadap sejumlah yayasan yang bernaung di bawah UGM Yogyakarta. Langkah ini dirasa perlu pasca terkuaknya kasus dugaan korupsi di lingkungan universitas ternama itu. Perkara ini menyeret Ketua Majelis Guru Besar UGM, Prof Susamto sebagai salah satu tersangka.

Selain itu, Kejati DIY juga menetapkan tiga dosen Fakultas Pertanian sebagai tersangka. Masing-masing Dr Triyanto (Wakil Dekan III), Ir Ken Suratiyah MS (dosen Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian), dan Ir Toekidjo (dosen Jurusan Budidaya Pertanian).

Mereka berempat disangka atas tuduhan korupsi penjualan aset tanah milik UGM di Dusun Plumbon, Desa Banguntapan, Bantul. Lahan seluas 4.000 meter persegi itu kini difungsikan sebagai perumahan. Sebelum dijual, lokasi tersebut digunakan untuk tempat praktik mahasiswa.

“Tidak tertutup kemungkinan modus mendirikan yayasan seperti itu juga terjadi di fakultas lain. Kami akan lakukan investigasi dan pengawasan untuk mencegah hal serupa terulang,” kata peneliti Pukat UGM, Hifdzil Alim, Kamis (10/7).

Pemantauan yang dilakukan pihaknya terutama fokus pada sisi hukum dan administrasi. Dia menjelaskan sesuai aturan perundangan, pendirian suatu yayasan harus memenuhi syarat dan prosedur tertentu.

Terpisah, Kasi Penerangan Hukum Kejati DIY Purwanta Sudarmaji mengatakan, penyidik masih terus mengembangkan pemeriksaan kasus itu. “Peran masing-masing tersangka masih didalami. Sejauh ini belum ada tambahan tersangka,” ujarnya.

Pada akhir Juni lalu, tim penyidik melakukan penyitaan beberapa dokumen dari Direktorat Pengelolaan dan Pemeliharaan Aset, serta Bagian Arsip UGM. Berkas itu melengkapi barang bukti yang telah disita sebelumnya berupa tanah dan tabungan milik yayasan yang setara nilai Rp 2 miliar.

( Amelia Hapsari / CN38 / SMNetwork )

Sumber : http://m.suaramerdeka.com/index.php/read/news/2014/07/10/209032

11 Juli 2014 - Posted by | JOGJA RAYA

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: