KP2KKN JAWA TENGAH

DEMI ANAK CUCU BERANTAS KORUPSI SEKARANG JUGA

Mantan Kades Dilaporkan Warganya


PATI EKSPRES – Jum’at. 27 Juni 2014

  • Diduga Kerap Gelapkan Raskin

REMBANG – Diduga kerap menggelapkan bantuan beras Raskin selama hampir beberapa bulan, Ghufron mantan Kades Lodan Kulon, Kecamatan Sarang, Kabupaten Rembang dilaporkan polisi oleh warganya. Kamis (26/6) kemarin, puluhan warga desa setempat mengadukan ulah Ghufron ke Mapolres Rembang.

Dalam laporan warga yang telah ditangani Satreskrim Polres Rembang, Ghufron yang telah lengser dari jabatannya sebagai kades sejak akhir 2013 lalu, karena terindikasi melakukan tindak korupsi yakni penggelapan jatah Raskin warga. “Tahun lalu jatah raskin bagi warga desa selama dua bulan sebanyak  10740 kg tidak diterima warga yang berhak. Bila harga 1 Kg Raskin Rp 5000, maka ditaksir kerugian negara mencapai Rp 53 juta lebih,” jar Suyono, juru bicara warga.

Suyono bersama warga desa setempat pernah menanyakan kemana jatah Raskin kepada mantan kades. Namun berkilah jatah dua bulan itu dipergunakan untuk acara 17 Agustusan di desa. Namun warga yang tak serta-merta percaya dengan alasan Ghufron. “Sebetulnya warga enggan melaporkan dugaan korupsi yang dilakukan mantan kades dengan harapan pemerintah tahu sendiri. Namun semakin lama tindak-tanduk Ghufron makin meresahkan warga,” terangnya.

Mantan kades itu dinilai warga kerap melakukan tindakan sewenang-wenang, seperti menutup jalan kecil di dekat rumahnya, sehingga warga tidak bisa lewat.

“Itu salah satu contohnya. Karena hilang kesabaran, kami melaporkan mantan kades ke mapolres. Tujuannya supaya ada efek jera kepada kepala desa lain agar jangan menyepelekan hak warga,” tambah Amam, warga desa lainnya.

Selain kasus penggelapan Raskin, warga Desa Lodan Kulon menduga Ghufron menyalahgunakan wewenang dan kekuasaannya saat masih aktif menjabat kades. Tudingan itu terkait pengelolaan satu bidang tanah di desa yang memiliki 3 SPPT. Keberadaan SPPT itu ada yang dipegang warga, penggali pasir dan mantan kades Ghufron.

Hingga berita ini diturunkan, Kasatreskrim Polres Rembang melalui Kanit III Satreskrim telah menerima pengaduan warga, Petugas masih menyelidiki berkas-laporan yang diadukan warga. (cw1)

Sumber : http://www.patiekspres.co/2014/06/diduga-kerap-gelapkan-raskin/

10 Juli 2014 - Posted by | REMBANG

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: